Skip to main content

Translate

Sadisme yang Sudah Menghantui Anak

| Jimmy Hitipeuw | Dibaca : 1747 kali

Minggu, 19 Februari 2012 | 07:00 AM

KOMPAS.com - Banyak orang sungguh tak percaya. Bahkan, tim reserse Kepolisian Sektor Cinere, Kota Depok, pun terperanjat. Amn, bocah yang baru berusia 13 tahun yang duduk di Sekolah Dasar Negeri Cinere 1, tega menusuk bertubi-tubi SM (12), teman sekelasnya sendiri, hanya gara-gara telepon seluler.

Pada Jumat (17/2/2012) pagi, warga menemukan SM dalam got bersimbah darah dengan luka tusuk di delapan titik. Dari hasil pemeriksaan diketahui, Amn ternyata juga telah merencanakan perbuatan sadisnya itu.

Kejadian ini berawal Rabu. Amn bersama temannya, Gb (12) dan Kf (12), mencuri telepon seluler milik SM yang disimpan di rumahnya di RT 04 RW 01 Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Amn memanfaatkan kondisi fisik kedua orangtua SM yang tunanetra.

Amn kemudian menjual telepon itu di kawasan Meruyung, Limo. Uang hasil penjualan Rp 110.000 itu dibagi-bagi. Amn mendapat Rp 50.000, Gb Rp 50.000, dan Kf Rp 10.000.

Kf menilai pembagian itu tidak adil dan mengadukan pencurian tersebut kepada SM. Saat SM meminta Amn agar mengembalikan telepon selulernya, Amn menolak. Pada Jumat, pukul 06.30, saat berangkat sekolah, Amn menjemput SM. Saat keduanya di Jalan Puri Pesanggrahan I dan suasana sepi, Amn menikam SM berkali-kali.

Mengapa Amn sampai sesadis itu, padahal usianya masih dini? "Dia dalam kondisi tertekan. Dia tidak tahu harus melakukan apa. Lalu, menikam temannya sendiri," kata pemerhati anak, Seto Mulyadi, kepada Kompas.

Seto berpendapat, anak remaja seusia Amn seharusnya membutuhkan ruang gerak dan penyaluran persoalan dirinya. Sementara itu, satu tahun terakhir ini, Amn tinggal bersama kakaknya, Faisal, di rumah petak berukuran 4 meter x 8 meter di Jalan Raya Cinere Gang Buntu RT 4 RW 1 Kelurahan Cinere. Sejak pagi hingga petang, Amn ditinggal di rumah itu bersama keponakannya, Dila (7), karena Faisal dan istrinya, Yanti, sama-sama bekerja.

Gang Buntu, tempat Amn tinggal, membentang sepanjang sekitar 100 meter. Rumah petak tempat Amn tinggal terletak di pojok rentetan rumah. Tidak ada satu pun rumah petak yang memiliki halaman tempat bermain. Lorong di gang tersebut hanya dapat dilalui sepeda motor ataupun pejalan kaki.

Sebagian warga memang mengenal Amn sebagai anak nakal yang sering mencuri, membuat gara-gara ke teman lain, dan membentuk geng di sekolah. "Dia memang nakal, sering mencuri, dan rese," tutur Ahmad Aldi, teman Amn.

Sebaliknya, sebagian tetangga lagi malah mengira Amn sebagai anak baik. Dia rajin ke sekolah dan mengaji. Bahkan, SM yang menjadi korban penikaman juga teman satu kelas di sekolah, sekaligus teman mengaji.

"Saya tidak sangka, dia anak rajin. Sering menyapa saya kalau lewat depan rumah," kata Halimah (34), tetangga Amn.

Nurhasan (56), paman korban, pun sama sekali tidak menyangka Amn bakal menikam SM. Dia juga heran, Amn begitu jahat mencuri telepon seluler milik SM.

Benar apa yang dikatakan Koordinator Psikologi Terapan Intervensi Sosial, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia (UI), Erita Nurhetali. Dia menilai kasus ini adalah potret gagalnya sebuah lingkungan mengajari anak.

Kasus ini memberi pelajaran berarti bagi semua warga metropolitan yang super sibuk dan akhirnya melupakan perhatian kepada buah hati mereka yang sesungguhnya justru sangat diperlukan di usia anak. (Andy Riza Hidayat)

 


Sumber : Kompas Cetak
build-access-manage on www.dayaciptamandiri.com

Comments

Popular posts from this blog

Timer AC bergantian

Bagaimana sich prinsip kerja AC yang bergantian? Seperti yang terangkai pada ACPDB, yang kita butuhkan adalah 1 buah timer dan 2 buah kontaktor. Pada dasarnya rangkaiannya adalah seperti gambar diatas. Seperti kita ketahui, timer dan kontaktor akan bekerja apabila mendapatkan catuan 220 V. Pada timer catuan bisa dikoneksikan di lubang “L” dan “N”, sedang pada kontaktor dilubang “A1” dan “A2”. Itulah kenapa pada saat mati listrik komponen2 tersebut tidak bekerja. Timer berfungsi sebagai switch dari 2-1 atau 2-3 dan lubang “2” sebagai sumber yang dialiri arus listrik. Sesuai namanya alat ini akan bergantian dari 2-1 atau 2-3 berdasarkan waktu yang sudah kita atur pada sirip biru. Satu sirip merepresentasikan 30 menit. Sedang pada kontaktor untuk tipe Telemecanique, sumbu-sumbu saklarnya adalah 1-2, 3-4, 5-6, NO-NO, NC-NC.  Jika “A1” dan “A2” tidak dicatu maka 1-2 (open), 3-4 (open), 5-6 (open), NO-NO (open), NC-NC (close/terhubung). Dan bila “A1” dan “A2” dicatu  maka 1-2 (close), 3-4 (clo…

Contoh Panduan Standarisasi Area Data Center

Berikut adalah contoh Panduan Standarisasi Area Data Center

PANDUAN - IK Standarisasi Area Data Center Article Number: 49 | Rating: Unrated | Last Updated: Mon, Nov 25, 2013 at 2:13 PM BAB I KEBIJAKAN
1.1.Area Data Center
Areadata center termasuk aset vital perusahaan dan diperlakukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Sistem Manajemen Pengamanan Perusahaan.

Seksi Jaringan bertanggungjawab terhadap pengamanan fisik dan logik. sedangkan fungsi Sekuriti terhadap pengamanan fisik.


1.2.Pertimbangan Dalam Hal Penentuan Lokasi Area Data Center
Beberapa pertimbangan yang harus ada dalam menentukan lokasi ruang data center, yaitu :

1.Memungkinkan untuk pengembangan yang memadai, misalnya mempertimbangkan pengembangan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan.
2.Mempertimbangkan ruang yang tidak "terlalu” banyak dilalui untuk operasional lain, namun tetap dapat dijangkau dengan mudah.
3.Memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan pekerja.
4.Memenuhi persyaratan sebagaimana yang …

Mendesigns dan Menghitung UPS untuk Data Center

Mendesigns dan Menghitung UPS untuk Data Center UPS dan data center mungkin bisa di sebut sayur tanpa garam, hambar jika tidak saling melengkapi. 
Tapi untuk menentukan kebutuhan akan UPS data centerperlu perhitungan yang matang agar UPS dan server tetap awet dan selalu ON 24 jam. banyak sekali jenis UPS dan daya yang di tawarkan. Kita harus menghitung kebutuhan beban keseluruhan server agar ketika listrik down UPS dapat menghandle beberapa detik untuk listrik pindah ke genset begitu pula sebaliknya, Oke untuk menentukan itu semua tentukan dulu jenis UPS yang akan anda gunakan.
Oke kita sedikit belajar dulu tentang UPS :)
PRINSIP KERJA UPS Setiap PC membutuhkan daya listrik. Apabila aliran listrik (main power) terputus, PC akan mati (tidak berfungsi). Fungsi dasar UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah menyediakan suplai listrik SEMENTARA ke beban (PC) tanpa terputus pada saat main power tidak bekerja agar seluruh proses dapat dihentikan dengan benar, seluruh data dapat disimpan den…