Wednesday, December 16, 2020

Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsinya Lengkap


 RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya.

RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Juga merupakan suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data.

Konektor RJ45 memiliki fungsi untuk memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

Konektor RJ45 memiliki 8 buah pin. Pin pertama terdapat di paling kiri apabila pin RJ45 menghadap ke anda, di ikuti pin nomor 2, 3, 4 dan seterusnya.










Cara pemasangan kabel ke konektor:
1. Untuk memasang kabel ke konektor pastikan urutan kabel sudah benar.
2. Kemudian masukkan kabel pada konektor RJ45
3. Selanjutnya jepit konektor dengan menggunakan tang crimping
4. Setelah itu test koneksi kabel menggunakan tester kabel.

Kegunaan RJ45
RJ45 diciptakan bukan berarti tanpa alasan, mulai dari desain hingga fungsional juga konektor ini dipikirkan dengan matang. Berikut ini kegunaan dari RJ45 antara lain ialah :

1. Agar memudahkan pemindahan kabel apabila ingin mengalihkan suatu jaringan ke jaringan yang lainnya, 
2.  Agar kita tidak tersengat arus listrik baik itu listrik aseli atau listrik statik dari komputer.
3. Agar kita dapat men-troubleshooting(memeriksa kerusakan) apabila terjadi kerusakan pengiriman data.
4. Menjadikan kita tahu dari fungsi setiap sub kabel yang digunakan, karena pada dasarnya port RJ45 tersebut tersambung kedalam Motherboard dan mempunyai daya dari Power Suply. dan hal tersebut mempunya daya dan fungsi masing-masing dari perbedaan warna tersebut.

Demikian Pembahasan Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsinya. Semoga ini dapat bermanfaat :)

Kami memastikan data center dan ruang server anda bekerja optimal. dan Kami juga memastikan Kabel anda terstruktur dan bekerja optimal.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
CONTACT US : dcim@dayaciptamandiri.com

0 comments:

Post a Comment