Thursday, December 17, 2020

Pengertian Lampu LED dan Jenis Jenisnya

 

LED (Light Emitting Diode) adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki kemampuan dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. Komponen yang satu ini masuk dalam keluarga dioda karena menggunakan bahan semi konduktor.

Seiring perkembangan waktu, komponen LED memiliki banyak sekali jenis mulai dari bentuk, warna, sampai dengan fungsinya. Saat ini LED banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk lampu rumah, lampu motor atau mobil, flashlight HP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis Jenis Lampu LED
Oh iya, sebelum masuk ke info utama mengenai jenis-jenis LED, anda juga harus tahu bahwa prinsip kerja LED sangat sederhana yakni hanya dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Seperti yang kita tahu bahwa warna cahaya yang dihasilkan oleh LED berbeda-beda. Tentunya konsumsi listriknya juga beda-beda. Berikuut jenis LED berdasarkan warna dan konsumsi listriknya.
  • LED warna Merah : 1,8 volt
  • LED warna Jingga : 2 volt
  • LED warna Kuning : 2,2 volt
  • LED warna Hijau : 3,5 volt
  • LED warna Biru : 3,6 volt
  • LED warna Putih : 4 volt
  • LED warna Infra Merah : 1,2 volt
Beberapa jenis LED berdasarkan warna nyalanya serta tegangan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk arus listrik yang dibutuhkan oleh semua jenis LED tadi kurang lebih sekitar 20 mA.

Jenis-jenis LED

1. Miniature LED
Jenis lampu LED yang pertama adalah miniature LED. Jenis LED yang satu ini biasanya digunakan sebagai indikator ataupun hiasan saja. Ukurannya sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna.






2. Super Flux LED
Selanjutnya ada super flux LED. Super flux LED merupakan salah satu jenis LED yang memiliki konsumsi listrik tinggi. Tak heran memang karena LED jenis ini punya dua kutub positif dan juga dua kutub negatif. Super flux LED banyak digunakan untuk penerangan lampu di papan iklan yang ada di pinggir-pinggir jalan.








3. Bicolor LED
Seperti namanya, bicolor LED merupakan salah satu jenis LED yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna. Jenis lampu LED yang satu ini dapat mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna secara bergantian. Bicolor LED banyak diaplikasikan pada mainan anak-anak.







4. SMD LED
SMD adalah singkatan dari surface mount device yang merupakan salah satu jenis lampu LED yang memiliki ukuran sangat kecil. Jenis LED yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.






5. COB LED
COB adalah singkatan dari chip on board yang merupakan jenis lampu LED yang dapat menyala lebih terang dan merata karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Sebenarnya jenis lampu LED COB ini merupakan pengembangan dari lampu LED jenis SMD. Jadi kualitasnya berada setingkat di atas SMD LED.





6. High Power LED
Jenis lampu LED yang terakhir adalah high power LED. Lampu LED yang satu ini memiliki kemampuan dapat memunculkan cahaya dengan intensitas yang lebih tinggi atau terang. Akan tetapi jenis LED yang satu ini juga lebih mudah panas jika dibandingkan dengan lampu LED jenis lain.







Cara Mengetahui Polaritas LED 
Untuk mengetahui polaritas terminal Anoda (+) dan Katoda (-) pada LED. Kita dapat melihatnya secara fisik berdasarkan gambar diatas. Ciri-ciri Terminal Anoda pada LED adalah kaki yang lebih panjang dan juga Lead Frame yang lebih kecil. Sedangkan ciri-ciri Terminal Katoda adalah Kaki yang lebih pendek dengan Lead Frame yang besar serta terletak di sisi yang Flat.









Simbol dan Bentuk LED (Light Emitting Diode)









Cara Kerja LED (Light Emitting Diode)
eperti dikatakan sebelumnya, LED merupakan keluarga dari Dioda yang terbuat dari Semikonduktor. Cara kerjanya pun hampir sama dengan Dioda yang memiliki dua kutub yaitu kutub Positif (P) dan Kutub Negatif (N). LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias forward) dari Anoda menuju ke Katoda.

LED terdiri dari sebuah chip semikonduktor yang di doping sehingga menciptakan junction P dan N. Yang dimaksud dengan proses doping dalam semikonduktor adalah proses untuk menambahkan ketidakmurnian (impurity) pada semikonduktor yang murni sehingga menghasilkan karakteristik kelistrikan yang diinginkan. Ketika LED dialiri tegangan maju atau bias forward yaitu dari Anoda (P) menuju ke Katoda (K), Kelebihan Elektron pada N-Type material akan berpindah ke wilayah yang kelebihan Hole (lubang) yaitu wilayah yang bermuatan positif (P-Type material). Saat Elektron berjumpa dengan Hole akan melepaskan photon dan memancarkan cahaya monokromatik (satu warna).

LED atau Light Emitting Diode yang memancarkan cahaya ketika dialiri tegangan maju ini juga dapat digolongkan sebagai Transduser yang dapat mengubah Energi Listrik menjadi Energi Cahaya.





Demikianlah informasi singkat mengenai Pengertian Lampu LED dan Jenis Jenisnya, semoga bermanfaat.

Kami memastikan pusat data dan ruang server anda bekerja optimal. dan Kami juga memastikan Kabel anda terstruktur dan bekerja optimal.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
HUBUNGI KAMI: dcim@dayaciptamandiri.com

4 comments:

  1. This is excellent information which is shared by you. This information is meaningful and magnificent for us to increase our knowledge about it. Keep sharing this kind of information. Thank you. LED Grow Lights for indoor plants for sale online

    ReplyDelete
  2. You've shared some excellent material. I'm grateful for this post because it contains a lot of useful information Cannabis Grow Lights. Thank you for sharing this piece of writing.

    ReplyDelete
  3. I just need to say this is a well-informed article which you have shared here about hoodies. It is an engaging and gainful article for us. Continue imparting this sort of info, Thanks to you. portable electronic message signs

    ReplyDelete
  4. You have worked nicely with your insights that makes our work easy. The information you have provided is really factual and significant for us. Keep sharing these types of article, Thank you. Quality electronic components phoenix

    ReplyDelete