Tuesday, December 22, 2020

Fungsi LAN Card, Jenis-jenis, dan Cara Kerjanya pada Komputer

 LAN card merupakan salah satu perangkat keras antar muka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet menggunakan kabel LAN. LAN card sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda atau sering disebut dengan kartu jaringan, Network Interface Card (NIC), dan Ethernet Card.

Local Area Network atau LAN merupakan jaringan yang menghubungkan dua komputer atau lebih ke suatu jaringan. Nah, untuk memungkinkan adanya koneksi pada sebuah komputer dengan jaringan komputer maka dibutuhkan LAN card.

LAN Card berbentuk kartu ekspansi yang dipasang pada slot PCI di motherboard komputer. Untuk menghubungkan jaringan komputer, LAN Card umumnya menggunakan port RJ-45. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, fungsi LAN card sebagai jaringan komputer mulai tergeser keberadaannya dengan haidrnya perangkat wireless yang dianggap lebih efektif dan efisien yang digunakan tanpa harus menggunakan kabel.
Tetapi masih banyak juga pengguna komputer yang menggunakan LAN card ini dalam jaringan komputer karena kecepatan dalam transfer datanya cukup kencang bila dibandingkan dengan perangkat wireless. Nah, untuk fungsi LAN card sendiri ada untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dengan maksud agar dapat melakukan pertukaran data.

Selain itu, masih ada beberapa fungsi LAN card lainnya. Berikut ini Ruang-server.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa fungsi LAN card yang masih banyak digunakan oleh banyak orang.

Jenis-Jenis LAN Card
Seiring dengan berkembangnya teknologi, LAN card kerap mengalami perkembangan dan perubahan. Perkembangan dari LAN card terlihat dari adanya perubahan pada LAN card yang saat ini memiliki dua jenis utama, yaitu LAN card kabel dan wireless. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis LAN card.





LAN Card Kabel
LAN card dengan koneksi kabel merupakan salah satu jenis LAN card klasik yang dimana masih digunakan hingga saat ini. LAN card dengan koneksi menggunakan kabel ini kerap menggunakan kabel untuk saling menghubungkan satu komputer dengan jaringan LAN atau jaringan lokalnya.

Penggunaan LAN dengan koneksi kabel saat ini masih banyak digunakan, karena dinilai memiliki biaya yang lebih efisien. LAN card dengan koneksi kabel ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

- LAN Card ISA
LAN Card ISA merupakan jenis LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer. LAN Card ini mempunyai slot berwarna hitam dan mempunyai satu sampai tiga. Ciri lain dari ISA adalah konektor outputnya support untuk BNC dan RJ-45.

- LAN Card PCI
LAN Card PCI diproduksi pada tahun 1992 dan masih banyak digunakan hingga sekarang. LAN Card PCI ini merupakan pengembangan untuk menggantikan jenis LAN Card ISA. LAN Card PCI mulai digunakan pada komputer generasi Pentium 1 dan masih digunakan hingga komputer generasi sekarang.

Bedanya jika komputer dulu terdapat banyak slot untuk LAN Card PCI, berjumlah kurang lebih 5 slot, berbeda pada motherboard komputer zaman sekarang yang hanya berjumlah 1 slot saja.

- LAN Card USB
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, para produsen mengembangkan LAN Card untuk port USB. Tujuan dari pengembangan LAN Card ini adalah untuk memudahkan penggunaan LAN Card dalam jaringan komputer tanpa harus membuka casing komputer, cukup dengan menancapkan saja pada port USB.

LAN Card Wireless
LAN card yang satu ini merupakan penerus dari LAN card kabel biasa, dimana konektivitas dari LAN card menggunakan teknologi wireless alias tanpa kabel. LAN card jenis ini menggunakan antenantennagai penangkap dan juga pelepas sinyalnya secara lokal. Keunggulan dari LAN card jenis ini adalah tanpa menggunakan kabel, sehingga mudah untuk melakukan instalasi dan juga mudah untuk digunakan sehari-hari.

Fungsi LAN Card pada Komputer Secara Umum
- Sebagai pengontrol aliran data antar komputer dalam suatu jaringan.
- Menerima data dari komputer melalui kabel dan diterjemahkan dalam bentuk bit yang dimengerti oleh komputer,
- Mempersiapkan data dari komputer agar dapat ditransfer atau dikirimkan ke komputer lain agar berjalan melalui media penghubung,
- Menyediakan saluran data. LAN card tak hanya dengan membukakan pintu bagi masing-masing komputer yang terhubung, tapi juga memberi jalan keluar atas aliran data antar komputer.
- Mewujudkan koneksi fisik bagi masing-masing komputer. Keberadaan LAN card dapat menyatukam semua komputer dalam satu jaringan tertentu. Di saat yang bersamaan, LAN card bekerja dengan cara membukakan pintu bagi semua komputer yang ingin dihubungkan dengan jaringan tersebut.

Fungsi LAN Card Disesuaikan dengan Kebutuhan











Bermain Game Multiplayer
Fungsi LAN card untuk bisa digunakan untuk bermain game multiplayer seperti Dota 2, permainan tembak-tembakan, dan lain sebagainya. Nah, permainan ini bisa kamu mainkan dengan teman di satu ruangan atau gedung dengan cara menggunakan akses LAN atau local area network tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

Berkomunikasi Jarak Jauh
Buat kamu yang bekerja pada suatu perusahaan yang terletak pada gedung yang cukup luas dan besar, menjalankan komunikasi pastinya sangat sulit untuk dilakukan dengan cara bertatp muka. Maka fungsi LAN card disini sangat membantu kamu dalam berkomunikasi jarak jauh.
Jaringan lokal di dalam suatu gedung memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan teman kerja yang berada di dalam satu gedung, yang terkoneksi dengan jaringan LAN tanpa perlu menggunakan internet.

Menghubungkan dengan Jaringan Internet
Fungsi LAN card lainnya adalah bisa membagi koneksi jaringan internet dalam satu area menjadi beberapa bagian. Biasanya ini dilakukan untuk membagi jaringan internet yang untuk umum atau khusus. Misalnya pada area kampus, jaringan internet pada kantor dosen atau dengan jaringan umum di luar kantor memiliki akses kecepatan internet yang berbeda.
Di dalam kantor, komputer menggunakan kabel LAN untuk mengakses internet. Sedangkan untuk area luar hanya menggunakan Wi-Fi.

Fungsi LAN Card Disesuaikan dengan Kebutuhan

Bisa Membagikan File Tanpa Koneksi Internet
LAN card ini juga bisa membantu meng-copy file atau dokumen semasa komputer yang terhubung dengan jaringan LAN yang telah dibuat. Selain itu, fungsi LAN card juga bisa membantu melakukan printing tanpa menggunakan kabel dan hanya memakai jaringan LAN saja.

Membangun Jaringan Komputer dan Jaringan Internet
Fungsi LAN card juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sistem jaringan internet. Hal ini biasanya memerlukan bantuan ahli atau bisa juga setting sendiri server dan LAN untuk mengakses seluruh komputer di warnet. Fungsi LAN card disini sangat penting untuk mengaktifkan jaringan internet pada seluruh komputer dengan menggunakan satu server saja.

Kami memastikan Data Center dan Ruang Server anda bekerja optimal dengan :
  1. Mengukur daya resource yang digunakan (Data Center Infrastructure Management)
  2. Memastikan perkabelan yang baik dan terdata (Cabling Restructure & Documentation)
  3. Memastikan penggunaan Pendingin yang baik
  4. Melakukan pemasangan & perawatan AC PRESISI 
  5. Melakukan pemasangan & perawatan FM 200 / FIREPRO Fire Extinguisher
  6. Menggunakan Environment Monitoring System (EMS) AKCP
  7. Melakukan pemasangan Timer AC Split

Kami membantu melakukan pemasangan :
  1. Kabel Fiber Optic Singlemode / Multimode untuk area pabrik, perkantoran 
  2. Kabel UTP / STP / FTP 
  3. Kabel Sensor 
  4. Kabel Listrik / Eletrical 
  5. Panel Listrik 
  6. Pemasangan Akses Door 
  7. Pemasangan CCTV

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
HUBUNGI KAMI: dcim@dayaciptamandiri.com

0 comments:

Post a Comment