Skip to main content

Hemat via Internet

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak bangsa Indonesia berhemat, beberapa hari silam. SBYmemang menekankan soal menghemat anggaran belanja lewat kebijakan terkait BBM dan energi – khususnya bagi para pegawai pemerintah dan BUMN.

Namun, terkait usaha menghemat kocek pemerintah itu, sebenarnya salah satu upaya lain yang penting dan mendesak untuk digalakkan adalah pemanfaatan teknologi Internet secara lebih efektif dan efisien.

Sejauh ini memang sudah ada beberapa kegiatan pemerintah dengan menggunakan teknologi Internet. Selain surat elektronik (surel) alias e-mail dan penayangan 'brochure-ware' melalui berbagai situs kantor pemerintahan dan BUMN, syukurlah sudah ada program e-procurementatau pun e-government.

Tetapi banyak hal masih perlu ditingkatkan penggunaannya. Misalnya, para pengambil keputusan tidak mesti melakukan rapat secara tatap-muka dalam setiap rapat kerja – kecuali ketika masalah yang dihadapi demikian pelik sehingga memerlukan kehadiran semua pihak.

Namun bila rapat hanya membahas beberapa soal rutin, seperti rapat tiap Selasa yang digagas Menteri BUMN Dahlan Iskan, umpamanya, kiranya para pegawai pemerintah bisa memanfaatkan teknologi seperti 'web-cam', kamera yang tersambung dengan Internet. Jangankan pada komputer atau laptop, bahkan sekarang ini web-cam juga sudah menjadi fitur utama berbagai telepon seluler (ponsel).

Lewat 'rapat jarak jauh' begitu, sang peserta rapat tak perlu bepergian ke luar kantor. Mobilnya pun cukup diparkir, dan tak usah membuang-buang waktu di jalan yang macet (di Jakarta) atau pun terbang mendatangi tempat rapat di luar kota.

Demikian pula dengan pelatihan. Banyak pelatihan sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas multimedia di Internet atau video streaming --sehingga tak perlu membayar mahal pelatih untuk berkeliling ke beberapa kantor cabang.

Melalui cara-cara demikian, dengan sekali dayung bukan hanya satu-dua pulau terlampau, melainkan bisa lima-enam sungai pun terseberangi.

Satu hal lain yang bisa memotong banyak ongkos adalah memanfaatkan teknologi Google Earth dan Google Map untuk mempromosikan pariwisata dan semua keperluan 'geospatial' bumi pertiwi – termasuk peta dan foto areal pertambangan, perkebunan dan obyek wisata -- ke konsumen di mana pun di dunia.

Kabarnya, Google telah menunjuk agen pengembangan Google Qualified Developer di Asia Tenggara lewat perusahaan 'Exist.Inc Indonesia,' yang berkantor di Jakarta.

Itu di satu sisi. Di sisi lain, sesungguhnya pemerintah selayaknya makin gencar mendulang dan mendukung pemasukan dana lewat pasar online dan media sosial yang kian hari kian marak.

Pemerintah pusat dan daerah serta semua BUMN sejatinya dapat menginfiltrasi 'pasar tanpa sekat' di dunia, melalui jejaring online yang makin cepat, makin murah dan makin luas penggunaannya.

Sebagai gambaran luasnya penggunaan Internet, mari kita tengok transaksi jual-beli produk konsumen secara online.

Pada tahun ini saja, nilai transaksi online produk Indonesia diperkirakan mencapai lebih US$4 miliar -- meningkat dari US$3,4 miliar pada 2010. Di antara situs belanja yang paling populer di Indonesia saat ini adalah pakaian dan aksesori (sekitar 36%), disusul kupon (voucher dan sebagainya) sebesar 33%, serta buku dan DVD (33%).

Potensi perkembangan itu bakalan melejit luar biasa, mengingat kontribusi Internet terhadap produk domestik bruto sesungguhnya baru mencapai 1,6%. Lebih lagi, karena Indonesia kini menempati urutan kelima negara pengakses Internet terbesar dunia.

Diperkirakan rasio jumlah konsumen online terhadap prosentase penduduk kita saat ini telah mencapai 57%. Memang itu masih di bawah Malaysia (67%) dan Vietnam (61%), tetapi prosentase itu sama dengan Singapura, dan di atas India (54%).

Menurut data yang ada, memang penjualan online di dunia terus meningkat. Sehingga tak heran bila firma pembayaran online 'PayPal' meramalkan, pada 2016 uang fisik akan ditinggalkan orang, digantikan uang digital.

Menurut Presiden Direktur Finnet Indonesia Waldan R. Bakara, Indonesia juga segera menyusul menggunakan uang digital itu. "Pada 2020, sekitar 50% warga Indonesia akan menggunakan uang digital ini," kata Waldan kepada INILAH.COM.

PayPal belum lama ini meluncurkan aplikasi InStore. Melalui aplikasi ini, konsumen tak perlu lagi mengantre di toko, karena penjual cukup menggunakan pemindai portabel yang ada di ponsel untuk membaca barcode pembeli. Sesudah itu pembeli cukup memasukkan PIN miliknya, dan selesailah 'ijab-kabul' jual beli, hanya dalam hitungan 30 detik.

Walhasil, bicara mengenai Internet dan penggunaannya bisa membuat orang berdecak heran. Dalam sejarah manusia di bumi ini, belum ada media komunikasi yang berkembang secepat Internet.

Coba saja bandingkan: jika radio dulu memerlukan waktu 30-an tahun untuk mencapai 50 juta pendengar, dan TV membutuhkan 10 tahun untuk meraih 50 juta pemirsa di dunia, maka Internet atau 'world wide web' (www) hanya perlu sekitar empat tahun guna meraih 50 juta pengguna.

Tetapi para ahli mengingatkan bahwa teknik memasarkan jasa dan produk pada zaman Internet tidak sama dengan marketing konvensional.

Di antara yang berubah pada pemasaran via Internet, pertama, adalah bahwa kini harapan atau tuntutan konsumen terhadap kenyamanan makin besar. Kini konsumen tak mau menunggu lama, dan ingin memilih sendiri waktu dan tempat mereka berbelanja, misalnya pada tengah malam dan dilakukan di kamar tidur.

Artinya, bila Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hendak mengkampanyekan sebuah program 'wisata baru' di pasar Jerman, misalnya, maka penjaga situs kampanye wisata Kemenparekraf itu mesti siap menjawab pertanyaan calon wisatawan itu, meski pun itu dilakukan pada jam 9 malam waktu Jerman, alias sekitar pukul empat pagi WIB.

Sejumlah respon kompetitif berlangsung pada waktu berjalan, in real time. Berbeda dengan pemasaran konvensional, saat ini konsumen dapat dengan mudah membandingkan harga jasa dengan jasa pesaingnya pada saat yang sama. Saat seorang konsumen membeli tiket pesawat misalnya, ia bisa secara mudah membandingkan beberapa harga tiket berbagai maskapai penerbangan sekaligus.

Para ahli yang lain menyarankan bahwa saat ini, perusahaan atau penjual tak cukup hanya mendengar atau mempelajari apa yang diinginkan konsumen melalui kegiatan 'partisipasi'.

Konsumen, bahkan yang menjadi 'fans' bagi sebuah brand di Facebook, umpamanya, menuntut perusahaan memberi respon secara lebih bermakna.

Artinya, secara orang per orang, setiap individu ingin mendapatkan input mengenai brandyang mereka beli, dan cara-cara apa saja yang bisa mereka lakukan untuk membeli produk atau jasa itu.

Metode yang disebut enlightened engagement itu, kini menjadi fase awal evolusi di dunia komersial lewat keterlibatan sosial di Internet.

Dalam era Internet Marketing ini, kita memerlukan 'P' yang kelima –menyempurnakan 4-P yang lazim dikenal dalam dunia pemasaran. Dan 'P' kelima itu adalah 'people', orang-orang yang mewakili marketing, jasa dan bauran komersial.

Penjaga situs Kemenparekraf tadi, misalnya, mesti bisa berinteraksi, secara sosial, menawarkan paket yang dipersonalisasikan kepada calon wisatawan secara penuh empati.

Bila tidak, maka kita bukan hanya menghalangi aktifnya dampak sosial dalam urusan komersial yang berlangsung, melainkan, yang lebih parah, boleh jadi calon wisatawan Jerman tadi akan direbut negara tetangga lebih dulu.

*) Konsultan komunikasi, dan dosen komunikasi di Universitas Paramadina, Jakarta. [mor]

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Satuan Volt, Ampere, dan Watt

Sangat penting untuk mengetahui satuan dalam bidang yang ingin anda pahami, dalam bidang listrik untuk mengetahui satuan seperti volt, ampere, dan watt. Ketika anda tidak mengetahui satuan dari bidang listrik ini sama saja dengan tidak tahu dalam teori dasar dan anda sekarang bisa memperlajari dengan jelas dalam artikel saya berikan ini. Saya akan memberikan langkah demi langkah agar mudah untuk dipahami. Pengertian Volt (Voltage) Volt (Voltage) adalah standart satuan listrik yang menunjukan atau menerangkan sebuah nilai tegangan dalam listrik. Volt atau bisa disebut tegangan hanya bisa diukur dengan alat yang bernama voltmeter atau multitester, volt mempunyai bermacam-macam nilai tegangan dan juga tipe atau karekter yang berbeda. Volt Mempunyai 2 tipe atau karakter Volt atau tegangan listrik ini mempunyai jenis 2 tipe yaitu tegangan AC atau bisa disebut tegangan bolak-balik. kemudian tegangan DC (Direct Current) atau bisa disebut dengan tegangan searah. Untuk mengatahui apa itu tegan

Alat - Alat Fiber Optic dan Fungsinya

1. Fusion Splicer Fusion splicer atau sering dikenal sebagai alat untuk menyambungkan serat optik ini merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyambungkan sebuah core serat optik, dimana serat tersebut terbuat / berbasis kaca, dan mengimplementasikan suatu daya listrik yang telah dirubah menjadi sebuah media sinar berbentuk laser. Sinar laser tersebut berfungsi untuk memanasi kaca yang terputus pada core sehingga bisa tersambung kembali dengan baik. Perlu kalian ketahui, bahwa fusion splicer ini haruslah memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi, hal ini ditujukan untuk menghasilkan hasil penyambungan yang sempurna, karena pada saat penyambungan tersebut akan terjadi proses pengelasan media kaca serta peleburan kaca yang akan menghasilkan suatu media, dimana media tersebut akan tersambung dengan utuh tanpa adanya celah-celah, hal ini dikarenakan media tersebut memiliki senyawa yang sama. 2. Stripper Atau Miller Sama seperti kabel - kabel yang lain, salah satunya seperti kab

Cara Menghitung Ampere Motor 3 dan 1 Phase dengan Rumus Daya

Sering kali, anda menjumpai motor listrik untuk menggerakan mesin pada pabrik - pabrik sekarang dan kebanyakan 85% didalam pabrik menggunakan motor listrik untuk menggerakan mesinnya. motor listrik ada 2 jenis Phase yang pertama adalah 3 phase yang di mana ada tegangan R S T sedangkan yang ke dua adalah 1 Phase dimana motor listrik hanya diberi tegangan phase dan Netral aja, contohnya seperti pumpa air dirumah.     Dari motor - motor tersebut maka anda sangat perlu untuk menghitung amperenya dimana anda membeli motor 1 phase tapi kapasitas rumah anda hanya 450 Watt saja maka anda harus menghitung motor airnya harus di bawah dari 450 Watt. Plate Motor 1 Phase  Diatas adalah name plate motor 1 phase dimana   sudah di ketahui KW dan Amperenya jika hanya di   ketahui KWnya saja bagaimana seperti berikut   menghitungya:  Diket : P : 8 KW = 8 x 1000 = 8000 Watt V : 220V Ditanya : Berapa Nilai Amperenya? Rumus daya  Motor 1 Phase: P = V x I I  = P/V Keterangan : P  : Daya ( Watt ) I   : Arus

Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsinya Lengkap

 RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya. RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Juga merupakan suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data. Konektor RJ45 memiliki fungsi untuk memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network. Konektor RJ45 memiliki 8 buah pin. Pin pertama terdapat di paling kiri apabila pin RJ45 menghadap ke anda, di ikuti pin nomor 2, 3, 4 dan seterusnya. Cara pe

Mengenal Pengertian PoE dan Fungsi PoE ( Power Over Ethernet )

Mengenal Pengertian PoE dan Fungsi PoE (Power Over Ethernet) PoE merupakan Singkatan dari Power Over Ethernet. POE sendiri bisa diartikan sebagai penyaluran tenaga listrik menggunakan kabel jaringan atau kabel Ethernet. Dimana listrik selanjutnya dialirkan memanfaatkan kabel twisted pair, baik UTP atau STP sebagai media transmisi daya. POE ini sangat bermanfaat. Terutama saat melakukan instalasi perangkat wireless di luar ruangan ataupun di dalam ruangan yang besar. Dimana dengan menggunakan POE, Anda tidak harus melakukan penarikan kabel power yang tentu cukup merepotkan dan memakan biaya. POE dengan standar IEEE 802.3af menjadi POE yang umum dgunakan. POE dengan standar ini memiliki maksimum power per port sebesar 15,4 W. Tetapi kini ada pula POE dengan standar baru berupa IEEE 802.3at yang memiliki maksimum power per port lebih besar, yakni mencapai 34,2 W. POE standar baru ini dihadirkan seperlu mendukung perangkat-perangkat baru. Dimana dewasa ini sebagian besar perangkat wireless

MENGENAL PANEL LISTRIK , JENIS DAN SPESIFIKASINYA

Pengertian Panel Listrik Panel listrik adalah suatu benda berbentuk kubus dengan berbagai ukuran ataupun bervariasi dengan sebelah sisi dibuat lubang selebar hampir sama dengan belakangnya, dan nantinya di baut penutup seperti daun pintu agar bisa dibuka dan ditutup, dan didalam panel tersebut terdapat papan yang dikaitkan dengan sisi belakang pintu di pakai baut yang nantinya papan tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali. Pada umumnya panel listrik adalah terbuat dari plat besi dengan ketebalan 0,5 – 1 mm. Biasanya disesuaikan dengan ukuran atau besarnya panel, dan nantinya papan tersebut yang akan digunakan tempat pemasangan komponen-komponen listrik. Fungsi Panel Listrik Fungsi dari panel listrik adalah untuk menempatkan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin-mesin listrik agar bisa beroperasi  sesuai dengan prinsip kerja dari mesin listrik itu sendiri. Untuk mengamankan komponen listrik supaya terlindungi dari pengaruh di sekelilingnya. Untuk menata komponen atau rangkai

Jenis Kabel Listrik beserta Fungsi dan Gambarnya

Berbicara mengenai kabel listrik tentu sangat luas sekali. Kabel listrik sendiri merupakan komponen yang memiliki peran vital dalam berbagai peralatan elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Dari kegunaannya, jenis-jenis kabel listrik ini sangat banyak dan beragam. Pemakaian jenis kabel pun harus tepat agar tidak menyebabkan konsleting listrik. Untuk itu penting sekali mengetahui jenis jenis kabel listrik berikut ini. Kabel listrik Kabel listrik merupakan sebuah komponen konduktor yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke benda-benda atau peralatan yang membutuhkan energi listrik agar dapat bekerja. Meskipun jenis-jenis kabel listrik sangat banyak, tetapi pada umumnya setiap kabel listrik terdiri dari dua bagian utama, yakni bagian isolator dan bagian konduktor. Bagian-bagian Kabel Listrik Pada kabel listrik, bahan isolator merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Pada isolator terdiri dari pembungkus kabel yang memiliki fungsi sebagai pelindung (agar tid

Komponen Panel Listrik

Komponen sangat banyak untuk membentuk sebuah panel listrik, disini anda akan mempelajari sebuah komponen listrik yang lengkap dan sangat terperinci. Komponen listrik nantinya terdiri dari komponen power, komponen indicator, komponen control, dan komponen pengaman. 1. Miniatur Circuit Breaker (MCB) MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah sebuah komponen listrik yang berguna untuk mengamankan beban lebih Atau hubung singkat (Short Circuit) yang disebebkan oleh lonjakan listrik yang tidak disengaja maupun  disengaja. Contoh Short Circuit yang disengaja, Memasukan 2 buah kabel phase dan netral pada stok kontak dan di sambungan kabel tersebut. Maka akan keluar sebuah percikan api jika MCB msh belum trip, jika MCB bagus makan percikan api tidak sebesar dengan MCB yang kurang bagus atau sudah lama dipakai. Contoh Short Circuit tidak disengaja seperti, anda mempunyai pompa air tiba-tiba pompa air tersebut tidak bisa jalan dan keluar sebuah asap atau bau terbakar. Kemudian MCB dirumah anda t

Pengertian Dan Fungsi Optical Distribution Point Atau ODP

  Memahami ODP Jaringan Akses Fiber Optik. Dikala ini telkom sudah gencar melaksanakan realisasi jaringan indihome fiber, yang mana teknologi yang digunakan oleh produk indihome merupakan teknologi jaringan GPON dengan mengadopsi media penghantar informasi suatu serat optik ataupun yang lebih diketahui dengan nama Fiber Optic( FO). Hanya menegaskan kembali, kalau saat sebelum bergeser ke indihome, telkom mempunyai produk layanan internet yang diucap Speedy dengan memakai teknologi jaringan ADSL serta masih menggunakan media suatu suatu kawat tembaga bagaikan media penghantar informasi dan mempunyai kecapatan optimal sampai 5 Mbps. Serta buat dikala ini pihak telkom sudah melaksanakan revolusi digital dengan mengusung produk yang bernama Indihome yang mencampurkan layanan Internet, IPTV, serta Telepon Rumah ataupun yang sering di dengar dengan layanan Triple Play Fiber Optic. Share postingan kali ini hendak mangulas sebagian fitur jaringan yang digunakan buat menunjang layanan fiber opt

Fungsi dan Cara Setting MCCB ( Moulded Case Circuit Breaker )

Mengulas lebih dalam tentang MCCB - dunia listrik sangat banyak sekali peralatan listrik sebagai pengaman untuk keselamatan dari bahaya listrik maupun untuk mengamankan sebuah motor dan peralatan listrik lainya dari bahaya short circuit. Apa itu MCCB ? MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker, sebagai pengaman terjadinya hubung singkat short circuit dan beban lebih overload agar tidak terjadinya kerusakan pada motor listrik maupun kebakaran yang disebabkan oleh short circuit yang selalu menimbulkan bunga api. MCCB biasanya digunakan oleh industri karena MCCB hanya untuk pengaman listrik 3 phase, dan motor listrik industri juga menggunakan listrik 3 phase, jadi jika anda ingin bertemu apa itu namanya mccb dan dan digunakan untuk apa mampir deh pabrik terdekat dan minta tolong untuk dilihatkan apa itu mccb. Pole MCCB Mccb memiliki macam – macam pole: 1 Pole, 2 Pole, 3 Pole, 4 Pole Mccb memiliki macam – macam kA: 36kA, 50kA, 85kA, 100kA Karakter MCCB - Hanya menggunakan 3 p