Thursday, September 24, 2020

Ketahui 7 Komponen Utama Pada Data Center

 

Data center merupakan sebuah ruangan yang sudah dirancang dan didesain sedemikian rupa guna menempatkan sebuah server computer serta seluruh perangkat jaringan computer yang sudah terhubung ke jaringan internet.


Jika sebelumnya telah dibahas mengenai tips memilih data center berdasarkan syarat-syarat data center. Kali ini, kita akan membahas komponen-komponen atau perangkat yang wajib ada pada center. Komponen ini memiliki berbagai fungsi yang berbeda untuk tetap menjaga keamanan data center. Berikut penjelasannya.








1. Daya / Power Capacity

Komponen ini memiliki fungsi untuk mendistribusikan daya/power ke berbagai perangkat elektronik atau peralatan listrik lainnya.

2. Pendingin/ Cooling Capacity
Bisa dilihat dari namanya, pendingin ini berfungsi untuk mendinginkan mesin agar tidak terlalu panas, dan selalu memiliki suhu yang normal.

3. Kabel/ Cabling
Ini pasti udah paham ya, kabel tentunya berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen atau perangkat yang ada.

4. Temperatur & Kontrol Kelembaban/ (Temperature & Humidity Control)
Komponen ini berfungsi untuk menyesuaikan suhu yang tepat dan pas dengan ruangan data center. Pada komponen ini biasanya terdapat built in filter udara yang dapat dipantau dari jarak yang cenderung jauh dengan peralatan yang memadai.

5. Sistem Pengamanan Kebakaran (Fire & Smoke System)

Komponen ini berfungsi untuk mengerjakan sampling udara secara terus menerus dan dapat melakukan pendeteksian terhadap partikel yang ada selama tahap awal dari musibah kebakaran. Komponen ini dapat mencegah kebakaran menjadi terlalu besar dan dapat dengan mudah segera ditangani.

6. Keamanan fisik (Physical Security)

Komponen ini berfungsi untuk menjaga keamanan dari luar, seperti benturan, goncangan, dan lain-lain.

7. Ruang Rak & Lantai (Rack Space & Raised Floor)

Ruang rak biasanya digunakan untuk menyimpan server yang ada pada sebuah data center. Selain itu penggunaan rak juga bertujuan untuk memanfaatkan ruangan yang lebih baik. Kalau lantai pada data center biasanya memiliki lantai yang terangkat. Lantai yang terangkat ini ternyata memiliki kegunaan untuk memberikan ruang atau space tambahan pada bagian bawah. Ruangan ini dapat digunakan untuk pemasangan kabel dan juga ventilasi.

Kami memastikan data center dan ruang server anda bekerja optimal.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik untuk terkait data center anda.
CONTACT US : dcim@dayaciptamandiri.com
atau klik link di Bio @ruangserver_

0 comments:

Post a Comment