Monday, January 4, 2021

4 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Retrofit AC Data Center

 Sebelum anda melakukan retrofit AC data center, perlu diketahui bahwa data center mengonsumsi listrik dengan kecepatan yang sangat mencengangkan. Menurut laporan Revolutionizing Data Center Energy Efficiency yang dikeluarkan oleh konsultan McKinsey & Co., keluaran energi saat ini yang dapat diukur pada data center hari ini meningkat empat kali lipat di tahun 2020. Selanjutnya, DEO melaporkan bahwa pusat data dapat mengkonsumsi antara 100 sampai 200 kali lipat lebih banyak listrik daripada ruang kantor biasa. Karena permintaan untuk pekerja yang ditempatkan di data center meningkat, pemilik kantor pun menekan tim gedung mereka untuk dapat merancang data center yang dapat beroperasi lebih efisien.
Retrofit merupakan proses penggantian refrigeran lama dengan yang baru dalam mesin pendingin. Di dalam AC, terdapat refrigeran sintetik yang disebut dengan freon. Jika sering digunakan, freon akan habis. Oleh karena itu, Anda perlu melihat efisiensi serta kapasitas, pertimbangkanlah untuk melakukan retrofit, saran Peter Panfil, wakil presiden dari global power di Emerson. Opsi ini jauh lebih murah daripada mengganti AC data center baru, dan memperbarui konten mesin akan dapat memperpanjang umur AC Anda. Berikut 4 faktor yang perlu dipertimbangkan saat retrofit AC data center.

1.Cek anggaran Anda
Anda harus memastikan bahwa anggaran Anda ini cukup untuk retrofit AC data center. Anda harus bisa melihat, apa kekurangannya jika mengganti AC data center baru dan kenapa hanya perlu melakukan retrofit data center. Hal tersebut perlu dipertimbangkan untuk meminimalkan biaya yang akan dikeluarkan dalam mengurus AC data center. Biasanya, retrofit lebih murah karena hanya mengganti komponen kecil dalam AC daripada harus melakukan pembelian ulang unit AC baru, yang mana hanya freon-nya yang bermasalah. Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu anggaran yang Anda miliki.

2.Fokuslah pada teknologi dan persyaratan operasional
Biaya yang terkait dengan perluasan dan juga peningkatan data center di masa depan akan selalu menjadi fungsi dari yang telah Anda mulai. Penting untuk membangun data center baru yang dapat dengan mudah ditingkatkan di masa depan. Retrofit menuntut serangkaian persyaratan yang unik. Kunci untuk berhasil dalam melakukan retrofit adalah pastikan bahwa data center sangat efektif sehingga mekanis dan kelistrikannya terdukung dengan baik. Selain memfokuskan pada teknologi, sangat penting untuk memahami mesin AC tersebut dioperasikan dengan tepat sesuai prosedur.

3. Kurangi mengkonsumsi energi
EPA melaporkan bahwa konsumsi daya yang terkait dengan data center menjadi berlipat ganda antara tahun 2006 dan 2011, menjadikan data center sebagai salah satu pengguna daya listrik terbesar yang ada di Amerika. Lewat prinsip yang dikeluarkan oleh DOE dan EPA yang dirancang khusus untuk mengukur penggunaan energi dan menciptakan peluang untuk peningkatan konsumsi energi, energi yang dikeluarkan oleh data center diharapkan dapat meningkat empat kali lipat di tahun 2020. Perubahan operasional sederhana ini dapat memberikan penghematan yang signifikan bagi pemiliknya.

4.Pertimbangkan untuk menggunakan pendekatan modular dalam desain data center Anda
Pendekatan modular baik ke data center baru ataupun retrofit adalah pilihan yang paling banyak dipilih para pengguna pada saat ini. Konstruksi data center modular dapat memberikan fleksibilitas dan skalabilitas. Pendekatan modular ini seringkali menyediakan sistem yang paling efisien karena memungkinkan kontrol yang lebih ketat pada mesin. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang tepat pada saat retrofit AC data center.

Kami memastikan Data Center dan Ruang Server anda bekerja optimal dengan :
  1. Mengukur daya resource yang digunakan (Data Center Infrastructure Management)
  2. Memastikan perkabelan yang baik dan terdata (Cabling Restructure & Documentation)
  3. Memastikan penggunaan Pendingin yang baik
  4. Melakukan pemasangan & perawatan AC PRESISI 
  5. Melakukan pemasangan & perawatan FM 200 / FIREPRO Fire Extinguisher
  6. Menggunakan Environment Monitoring System (EMS) AKCP
  7. Melakukan pemasangan Timer AC Split

Kami membantu melakukan pemasangan :
  1. Kabel Fiber Optic Singlemode / Multimode untuk area pabrik, perkantoran 
  2. Kabel UTP / STP / FTP 
  3. Kabel Sensor 
  4. Kabel Listrik / Eletrical 
  5. Panel Listrik 
  6. Pemasangan Akses Door 
  7. Pemasangan CCTV


0 comments:

Post a Comment