Skip to main content

Translate

5 Hal Penting dalam Menyusun "Motivation Letter"

Penulis: Ali Sobri

Kamis, 23 Agustus 2012 | 09:09 AM

Ilustrasi: Anda perlu memperhatikan hal-hal yang penting dalam menuliskan motivation letter untuk melamar beasiswa.
Photo: Shutterstock

KOMPAS.com - Motivation letter atau pernyataan motivasi diri menjadi aspek penting dalam memenangi beasiswa. Pernyataan ini menunjukkan kemampuan Anda untuk meyakinkan penyelenggara bahwa Andalah kandidat yang tepat untuk menerima beasiswa yang ditawarkan.

Pernyataan motivasi diri dan tujuan Anda untuk belajar menjadi pintu bagi penyelenggara untuk menilai ke dalam diri Anda mengenai pemahaman dan tekad Anda untuk melanjutkan studi serta besarnya keinginan di balik tekad itu. Pasalnya, studi pascasarjana bukan untuk pemalas. Maka, simak lima hal penting yang harus Anda perhatikan saat menyusun motivation letter.

1. Dibutuhkan fokus dan tekad yang tak lemah untuk mengejar gelar yang lebih tinggi itu. Penyelenggara beasiswa akan memeriksa motivation letter Anda dengan seksama untuk menilai kesungguhan, kredibilitas dan keuletan Anda melalui pernyataan yang Anda sampaikan selain pertanyaan standar dalam aplikasi terkait keinginan dan komitmen belajar Anda, pengalaman sesuai bidang yang Anda miliki, serta rencana setelah Anda meraih gelar tersebut.

Penyelenggara tentu akan memilih kandidat yang memiliki tujuan yang jelas, sesuai dengan kepentingan riset atau studi dan pengalaman yang lebih hebat. Bahkan, meski Anda telah membuatnya sesuai substansi dan sudah menguraikan daftar prestasi Anda, penyelenggara bisa saja mengulik hal unik lainnya.

2. Meskipun penting untuk fokus pada tujuan program yang Anda pilih, jangan sampai membuat pernyataan Anda menjadi membosankan. Untuk membuat berbeda, Anda boleh menambahkan informasi unik yang relevan, misalnya membahas sedikit  ide yang relevan dengan bidang Anda untuk menunjukkan Anda "wah" tetapi tetap intelektual.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menuangkannya dalam pembukaan pernyataan motivasi diri Anda, dan itu memungkinkan Anda untuk berani menuliskan sesuatu yang lain selalu tentang diri Anda. Cobalah memilih kalimat yang menghentak, misalnya kalimat "all is well" di film "3 Idiots" yang mengantarkan tiga orang mahasiswa mewujudkan mimpinya, atau cerita Laskar Pelangi yang membangkitkan semangat dan menginspirasi orang banyak.

Anda juga dapat melakukannya, tentu sesuai kisah inspiratif yang pernah Anda alami. Sebab perlu diingat, gagasan Anda memilih untuk berbicara tentang hal-hal unik tersebut menunjukkan lebih banyak tentang diri Anda. Pada akhirnya, hal ini menunjukkan minat Anda di bidang yang dituju, bukan sekadar menggambarkan hal yang biasa.

3. Jangan lupa, untuk meyakinkan penyelenggara beasiswa dengan menunjukkan dukungan dari orang-orang yang Anda hormati. Sebaiknya para profesor yang menulis surat rekomendasi untuk Anda. Minta sejumlah masukan kepada mereka untuk menuliskan isinya sebelum Anda mengirimkannya.

4. Sebaiknya, ajak juga orang lain, termasuk sahabat, keluarga, atau kekasih untuk mengoreksinya dalam hal teknis ejaan dan tata bahasa. Sepasang mata lain selain mata Anda sering menemukan sesuatu yang Anda tidak ketahui. Lebih baik lagi, jika pengoreksi yang Anda miliki cukup banyak sehingga beberapa orang dapat mengoreksi setiap pernyataan Anda.

5. Akhirnya, jangan hanya menggunakan kembali pernyataan motivasi diri yang sama untuk setiap aplikasi beasiswa yang Anda ikuti. Anda dapat mendaur ulang informasi yang sama, tetapi lebih baik ubah pernyataan diri Anda sesuai dengan program atau kampus yang Anda tuju.
build-access-manage at dayaciptamandiri.com

Comments

Popular posts from this blog

Timer AC bergantian

Bagaimana sich prinsip kerja AC yang bergantian? Seperti yang terangkai pada ACPDB, yang kita butuhkan adalah 1 buah timer dan 2 buah kontaktor. Pada dasarnya rangkaiannya adalah seperti gambar diatas. Seperti kita ketahui, timer dan kontaktor akan bekerja apabila mendapatkan catuan 220 V. Pada timer catuan bisa dikoneksikan di lubang “L” dan “N”, sedang pada kontaktor dilubang “A1” dan “A2”. Itulah kenapa pada saat mati listrik komponen2 tersebut tidak bekerja. Timer berfungsi sebagai switch dari 2-1 atau 2-3 dan lubang “2” sebagai sumber yang dialiri arus listrik. Sesuai namanya alat ini akan bergantian dari 2-1 atau 2-3 berdasarkan waktu yang sudah kita atur pada sirip biru. Satu sirip merepresentasikan 30 menit. Sedang pada kontaktor untuk tipe Telemecanique, sumbu-sumbu saklarnya adalah 1-2, 3-4, 5-6, NO-NO, NC-NC.  Jika “A1” dan “A2” tidak dicatu maka 1-2 (open), 3-4 (open), 5-6 (open), NO-NO (open), NC-NC (close/terhubung). Dan bila “A1” dan “A2” dicatu  maka 1-2 (close), 3-4 (clo…

Pemilihan jenis modul AMF (Automatic Main Failure)

Pemilihan jenis modul AMF (Automatic Main Failure)

Dari sekian banyak jenis modul yang ada dipasaran, kami menawarkan beberapa alternatif untuk jenis modul AMF yang dapat kami sediakan. antara lain menggunakan modul dari DEEPSEA, smart relay atau timer. tentunya dengan beragam pilihan tersebut ada beberapa keuntungan atau kelebihan dari masing masing modul tersebut. sebagai misal menggunakan modul AMF dari DEEPSEA akan sangat cocok jika modul ini dapat berinterakasi langsung dengan genset. terutama jika mesin genset belum dilengkapi genset controller dan masih mengandalkan panel genset manual. untuk pabrikan genset sekarang ini pada panel genset sudah dilengkapi dengan AMF, sehingga tidak perlu panel AMF - ATS dengan menggunakan modul DEEPSEA atau sejenisnya. sehingga dalam pemilihanya dapat menggunakan timer, smart relay atau produk lain seperti ATS controller C20 dari socomec.


Modul DEEPSEA 4420

AMF Module DSE 4420 Modul ini memiliki banyak fitur antara lain ; Start / stop gensetDigital …

Contoh Panduan Standarisasi Area Data Center

Berikut adalah contoh Panduan Standarisasi Area Data Center

PANDUAN - IK Standarisasi Area Data Center Article Number: 49 | Rating: Unrated | Last Updated: Mon, Nov 25, 2013 at 2:13 PM BAB I KEBIJAKAN
1.1.Area Data Center
Areadata center termasuk aset vital perusahaan dan diperlakukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Sistem Manajemen Pengamanan Perusahaan.

Seksi Jaringan bertanggungjawab terhadap pengamanan fisik dan logik. sedangkan fungsi Sekuriti terhadap pengamanan fisik.


1.2.Pertimbangan Dalam Hal Penentuan Lokasi Area Data Center
Beberapa pertimbangan yang harus ada dalam menentukan lokasi ruang data center, yaitu :

1.Memungkinkan untuk pengembangan yang memadai, misalnya mempertimbangkan pengembangan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan.
2.Mempertimbangkan ruang yang tidak "terlalu” banyak dilalui untuk operasional lain, namun tetap dapat dijangkau dengan mudah.
3.Memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan pekerja.
4.Memenuhi persyaratan sebagaimana yang …