Friday, January 3, 2014

Apa sih Data Center ?



Data Center merupakan fasilitas yang digunakan untuk penempatan beberapa server atau sistem komputer dan sistem penyimpanan data (storage) yang didukung dengan catu daya , pengaturan udara,  pencegah bahaya kebakaran dan pengamanan fisik.
Layanan utama yang diberikan oleh data center adalah :
a.       Business Continuance Infrastructure (infrastruktur yang menjamin keberlangsungan bisnis).
Aspek yang mendukung keberlangsungan bisnis ketika terjadi suatu kondisi kritis terhadap data center. Aspek-aspek tersebut meliputi kriteria pemilihan lokasi data center, kuantifikasi ruang data  center, laying-out ruang dan instalasi data center, sistem elektrik yang dibutuhkan, pengaturan infrastruktur jaringan yang scalable, pengaturan sistem pendingan dan fire suppression.


b.      Security Infrastructure
Terdiri dari sistem pengamanan fisik dan non-fisik pada data center. Fitur sistem pengamanan fisik meliputi akses user ke data center berupa kunci akses                 memasuki ruangan (kartu akses / fingerprint). Pengamanan non-fisik dilakukan dengan menggunakan software atau sistem perangkat lunak keamanan seperti access control list, firewall, IDS dan host IDS, keamanan pada layer 2 (datalink) dan layer 3 (network layer) yang disertai manajemen keamanan.


c.       Application Optimalization
Akan berkaitan dengan layer 4 (transport layer) dan layer 5 (session layer) untuk meningkatkan waktu respon suatu server. Layer 4 adalah layer end-to-end yang paling bawah antara aplikasi sumber dan tujuan, menyediakan end-to-end flow control, end-to-end error detection & correction, dan  mungkin juga menyediakan congestion control tambahan. Sedangkan layer 5 menyediakan dialog (siapa yang memiliki giliran berbicara/mengirim data), token management (siapa yang memiliki akses ke resource bersama) serta sinkronisasi data (status terakhir sebelum link putus). Berbagai isu yang terkait dengan hal ini adalah load balancing, caching, dan terminasi SSL, yang bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya suatu aplikasi dalam suatu sistem.

d.      Network Infrastructure
Infrastruktur IP menjadi servis utama pada data center. Servis ini disediakan pada layer 2 dan layer 3. Isu yang harus diperhatikan terkait dengan layer 2 adalah hubungan antara server farms dan perangkat layanan, memungkinkan akses media, mendukung sentralisasi yang reliable, loop-free, predictable dan scalable. Sedangkan pada layer 3 , isu yang terkait adalah memungkinkan fash convergence, routed network.
Kemudian juga dikenal layanan tambahan yang disebut dengan intellegence network services, meliputi fitur-fitur yang memungkinkan application network-wide, fitur terkait dengan Quality of Services, multicast, private LANs dan policy-based routing.

e.      Storage / Media penyimpanan
Terkait dengan segala infrastruktur penyimpanan. Isu yang diangkat antara lain adalah arsitektur SAN, fibre channel switching, replikasi, backup serta archival



0 comments:

Post a Comment