Friday, January 3, 2014

Desain Ruang Server




Contoh Disain Ruang Server
Sebuah ruang server adalah ruang fisik yang menjadi rumah semua data yang berjalan melalui jaringan komputer dari sebuah bisnis atau organisasi. Kebanyakan profesional Informasi Teknologi menghabiskan banyak waktu mereka di sana, pemecahan masalah server atau jaringan dan melakukan perawatan rutin.
Menyusun sebuah pusat data yang aman dan dapat diakses untuk menyimpan teknologi dan file penting berarti menciptakan sebuah hubungan antara infrastruktur TI dan operasi.
Desain ruang server yang aman, luas dan komputer ramah untuk tim TI secara keseluruhan, dapat di gambarkan sebagai berikut:
  1. Tentukan ukuran ruangan yang sesuai. Kebutuhan ruang fisik harus diputuskan sebelum rincian lebih lanjut yang dimasukkan ke dalam ruang server. Harus ada cukup ruang untuk server, kawat, kabel, dan peralatan lain yang diperlukan. Data harus dijauhkan dari dinding eksterior, jika memungkinkan.
  2. Mengatur hardware untuk penyimpanan. Untuk memaksimalkan ruang, memanfaatkan lemari dan rak untuk menyimpan mesin fisik dan persediaan komputer lainnya di ruang server. Rak Telco yang populer di ruang operasional banyak, dan satu rak dapat menampung ratusan server 1U tinggi dan server blade.
  3. Menjaga kamar dingin. Sebuah ruang server yang tepat harus tetap dingin dan kering untuk menyimpan semua peralatan dari overheating. Salah satu pilihan adalah dengan menginstal lantai mengangkat untuk mendistribusikan pendinginan. Pilihan lain adalah dengan menggunakan unit pendingin di-baris, yang tidak memerlukan lantai mengangkat dan memindahkan kompresor ke atap. Anda mungkin ingin langit-langit yang setidaknya 12 sampai 18 kaki (3,7-5,5 m) tinggi. Simpan termometer di ruangan untuk memastikan suhu moderat. Sebuah Dehumidifier mungkin diperlukan jika ruangan terlalu lembab.
  4. Membuat ruang untuk kabel. Sebuah ruang server harus memiliki cukup ruang di bawah lantai untuk menjalankan kabel listrik. Memiliki instalasi listrik cambuk listrik dari 1 panel listrik utama. Ini menghemat layanan listrik yang diarahkan ke masing-masing fixture individu.
  5. Mengembangkan prosedur keamanan.  Ruang server harus dibatasi hanya orang-orang yang perlu untuk pergi ke sana untuk melakukan pekerjaan. Tetap terkunci, atau menginstal handprint atau sistem pengenalan sidik jari. Sebuah ruang server yang aman sangat penting untuk perlindungan data.
  6. Memungkinkan untuk pemantauan. Ruang server harus dipantau sepanjang waktu. Semua kegiatan yang datang melalui server jaringan harus dipindai untuk kelainan. Software ada untuk memungkinkan untuk pemberitahuan ke pager, atau telepon seluler dan email jika pemantauan mengungkapkan sesuatu yang mengkhawatirkan.
Sumber: wikihow



Sumber Berita: www.swarakalibata.com


http://tino.dwiantoro.com/berita-mendisain-ruang-server.html#ixzz2pNcUTd87

0 comments:

Post a Comment