Skip to main content

Green Data Center dan UPS

Bagi sebagian orang mungkin masih terlalu asing atau tidak familiar dengan yang namanya UPS.Perangkat ini memungkinkan mencegah kerusakan fatal ataupun akibat yang fatal apabila dipasang diwilayah yang sebab itu kualitas listriknya rendah seperti di Indonesia.Pada kenyataannya stavolt atau stabilizer sudah tergantikan dengan keberadaan perangkat UPS ini.Hal ini disebabkan oleh kemampuan stavolt atau stabilizer kurang memadai.Oleh sebab itu perlu mempelajari dan memahami pengertian dan fungsi UPS lantaranbanyak sekali brand atau merk yang memproduksi perangkat UPS namun kualitasnya minim belum dapat memback-up pada alat yang penting.


Pengertian UPS
UPS (Uninteruptible Power Supply) mempunyai pengertian bahwa UPS ini merupakan perangkat output untuk catu daya listrikyang tidak dapat diinterupsi.Maksud dari kata interupsiitu sendiri adalah kelebihan, kekurangan, danmatinya arus listrik yang digunakan untuk mengoperasikan perangkat UPS. Dengankata lain UPS dapat bekerja sedemikian rupa tanpa terpengaruh oleh adanya interups tadi.


Fungsi UPS 
Pada dasarnya fungsi UPS adalah sebagai penstabil listrik dan untuk memback up kebutuhan listrik memungkinkan komputer yang kita gunakanakan terlindungi oleh perangkat UPS' Artinya semua data
semua data yang ada di komputer telah disimpan di dalam memori perangkat UPS. Ini dinamakandengan istilah Back Up,Bilamana komputer kita terkendala seperti kelebihan daya listrik, atau kekurangan daya listrik atau matinya daya listrik, maka secara otomatis UPS akan menyimpan semua data kita yaitu dengan cara memback up semua filedan dokumen penting untuk diamankan. Jadi komputer kita akan terselamatkan oleh kendala-kendala tadijika terdapat perangkat UPS.





Green Data Center
Green data center terdiri dari dua frase yakni green Dan data centerData cener sendiri merupakan sebuah fasilitas atau infrastruktur TI yang digunakan untuk menampung komponen-komponen sistem komputer. Sedangkan kata green sendiri yang menjadi ciri khas dari produk-produk ramah lingkungan menandakan bahwa suatu green data center merupakan data centeryang dirancang untuk ramah lingkungan.
Ramah lingkungan berarti menggunakan energi seefisien mungkin dengan dampak terhadap lingkungan hidup seminimal mungkin. Selain itu pada green data center penggunaan energi dapat memanfaatkan keadaan sumberdaya dari lingkungan sekitar.
Pembangunan Dan operasional dari sebuah green data center melibatkan teknologi Dan strategi yang maju seperti berikut:
  • Meminimalisir dampak atau polusi dari gedung.
  • Menggunakan material bangunan, karpet Dan cat yang rendah emisi.
  • Mendaur ulang emisi atau sampah.
  • Pemasangan konventer katalis pada backup generator.
  • Menggunakan teknologi energi alternatif sebagai sumber listrik seperti evaporativecoolingheat pumpsphotovoltaic.
Membangun sebuah green data center memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit di awal proyek, tapi untuk jangka panjang green data center dapat menghemat biaya operasional Dan pemeliharaan data center itu sendiri. Keuntungan yang lain dari green data center adalah membantu pekerja data center menjaga kesehatan mereka, memberikan lingkungan pekerjaan yang nyaman, Dan juga dapat meningkatkan sosialisasi dengan komunitas lokal.
Merupakan suatu tempat untuk penyimpanan, Management perangkat yang dapat melayani permintaan terkait layanan IT dari luar maupun intra organisasi dengan mengedepankan efisiensi energi semaksimal mungkin, dampak terhadap lingkungan seminimal mungkin serta mampu memanfaatkan clean & renewable Energy

Kenapa Green Data Center?

Saat ini Kita mulai memasuki era digital dimana sudah tidak asing lagi bagi Kita menggunakan teknologi dalam kegiatan sehari-Hari. Data dalam bentuk digital juga sudah sangat banyak Dan mudah ditemukan, bahkan data digital ini merupakan salah satu aset yang paling penting. Sudah menjadi hal yang biasa pula Kita membuat, mengakses, mengubah, menghapus, Dan berbagi data digital. Faktanya adalah dalam 1 menit, lebih dari 200 juta email terkirim, 20 juta foto dilihat (view), Dan 60 ribu jam musik dimainkan. Fakta tersebut tentunya akan berubah mengingat jumlah data yang akan terus bertambah.
052313_1248_3.jpgSemakin banyaknya data yang di-share maka peran data centermenjadi semakin penting. Untuk menjalankan datacenter, dibutuhkan banyak energi. Semakin banyak data, maka semakin banyak pula energi yang dibutuhkan data centerData centerpada umumnya dapat kehilangan 22-25% energi dalam konversinya. Salah satu alasan mengapa greendata center diimplementasikan adalah agar penggunaan energi bisa lebih efisien sehingga perusahaan yang memiliki data center tersebut dapat menghemat biaya pengeluaran.
Industri data center pada tahun 2012 diketahui menghasilkan lebih banyak emisi karbon dibandingkan dengan industri penerbangan (airline industry). Hal tersebut tentunya akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya kebutuhan data storage. Selain membantu masalah efisiensi penggunaan energi untuk data centergreen data center juga dapat mengurangi banyaknya emisi karbon yang dihasilkan data center. Dengan mengganti server lama dengan desain yang menggunakan teknologi terbaru serta setidaknya sebanyak 30% penggunaan energi berkurang, maka sama halnya dengan mengurangi emisi karbon sebanyak 1 ton atau mengurangi emisi dari bahan bakar lebih dari 100 galon.
Industri data center pada tahun 2012 diketahui menghasilkan lebih banyak emisi karbon dibandingkan dengan industri penerbangan (airline industry).
Perusahaan yang mengimplementasi green data center juga dapat mempengaruhi sisi bisnis perusahaan tersebut. Masyarakat tentunya dapat melihat bahwa perusahaan yang melakukan pendekatan ini telah menunjukkan Dan membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan. “Image” atau citra yang positif ini tentunya bisa menjadi kelebihan perusahaan dibanding dengan kompetitor lain Dan menjadi pembeda bagi klien, mitra, Dan pemasok.
Gambar berikut merupakan ilustrasi dari Intel corp. Mengenai mengapa, betapa Dan apa saja manfaat dari green data center.
052313_1248_4.jpg

Sejarah

052313_1248_9.png
Eniac data center
Data center pertama kali dikembangkan oleh ENIAC pada tahun 1946. Data center ini dibangun oleh U.S. Army Ballistic Research Laboratory Dan digunakan untuk menyimpan kode arliteri. Sama seperti perkembangan Internet pada awalnya data center ini digunakan untuk keperluan militer atau perang. ENIAC terakhir digunakan tahun 1955.
Setelah itu, transistorized computer (TRADIC) ditemukan oleh IBM pada tahun 1954 Dan dikembangkan untuk menggantikan vacuum-tubebased systems yang pada saat tersebut populer digunakan. Pada tahun 1960-an, IBM melakukan komersialisasi dari teknologi tersebut. Pada tahun 1972 IBM pertama kali berhasil mengkomersialisasi dari teknologi tersebut. Pada saat itu, TRADIC digunakan untuk mensupport pemerintahan.
052313_1248_19.png
CDC
Pada tahun 1964, CDC6000 dibuat oleh Control Data Corporation Dan dikenal sebagai super komputer pertama di dunia. CDC6000 didesain dengan menggunakan processordengan kecepatan 40 MHz dengan 10 mesin tambahan yang kemudian dikenal sebagaiReduced Instruction Set (RISC). CDC6000 dapat mempertahankan kecepatan 1 MFlops (maksimal 3 MFlops). Pada saat itu, CDC6000 dikenal sebagai komputer tercepat Dan digunakan hingga tahun 1977. Harga CDC6000 pada masanya dijual dengan harga 8 Juta USD, atau setara dengan 60 Juta USD saat ini.
Terakhir pada tahun 2013, tiga peneliti dari data center transformation yaitu Jakob Carnemark, Earl Keisling, Gerald McDonnell berhasil menghasilkan TELUS, yaitu Smart, Ultra-Green modular data center pabrikan Skanska. Jakob Canemark pencetus dari desain dari data centertersebut, termasuk intelligent management software sangat yakin atas sistem pendingin darigreen data center yang dia rancang. Dia mengklaim bahwa sistem pendingin Inertech ini 80% lebih efisien dibandingkan pendingin air konvensional.

Dimana Saja Green Data Center

Google

Kebanyakan data center membutuhkan chiller atau air conditioner untuk mendinginkan alat-alat di ruang data center. Biasanya chiller sendiri membutuhkan 70% pasokan listrik dari semua kebutuhan listrik pada data center tersebut. Oleh karena itu, untuk membangun green data center Google membangun data center hemat listrik yaitu tanpa menggunakan chiller di St. Ghislain, Belgia dan Hamina, Finlandia.
hamina water cooling systemsCooling system pada data center Google di Hamina memanfaatkan air laut. Alasan Google memilih Hamina sebagai lokasi data center selain dekat dengan pesisir laut baltik, memiliki suhu udara yang relatif dingin, low electricity prices, dan dapat memanfaatkan kembali bangunan pabrik kertas yang sudah tidak terpakai. Google sendiri tercatat sebagai pemilik data center paling efisien di dunia denganPower Usage Effectiveness (PUE) 1.06 untuk pendinginan. Hal ini menunjukkan hanya dibutuhkan sekitar 6% energi listrik untuk pendinginan dibandingkan listrik yang digunakan untuk server.
Google tercatat sebagai pemilik data center paling efisien di dunia dengan Power Usage Effectiveness (PUE) 1.06 untuk pendinginan
052313_1248_24.jpgCooling system data center Google di St Ghislain menggunakan evaporative cooling system yang menggunakangrey water dari dekat industrial canal Nimy-Blaton untuk menekan biaya kebutuhan energi agar tetap rendah. Alasan Google memilih St.Ghislan sebagai lokasi data center adalah St. Ghislain memiliki kombinasi infrastruktur energi dan developable land yang tepat. Pemimpin lokal di St Ghislain juga memiliki visi yang kuat untuk membuat internet dapat mengembangkan economic benefits dan lapangan pekerjaan. Selain itu, di tempat tersebut Google dapat memanfaatkan bangunan bekas industri tambang.

Apple

Sekarang Apple telah memiliki 4 lokasi data center, yaitu North Carolina, Oregon, California and Nevada. Apple mengklaim dirinya telah 100% menggunakan energi yang dapat diperbaharui untuk pasokan listrik ke semua data centernya dan juga untuk keperluan perkantoran Apple di Austin, Elk Grove, Cork, and Munich.
052313_1248_25.jpgNamun, proyek data center Apple yang memang dari awal direncanakan sebagai green data center adalah data center yang berada di Maiden, North Carolina. Di sebelah data centerini, Apple memiliki photovoltaic solar farm yang mampu memproduksi listrik sebanyak 20 MegaWatt. Karena listrik yang dihasilkan darisolar farm tersebut belum memadai dalam memasok listrik tiap hari ke data center dan back up, maka Apple menambahkan pemasangan 10 Megawatt fuel cell yang mampu mengubah gas alam menjadi energi listrik.
Data center di Maiden ini juga memiliki fasilitas penyimpanan cold water tank dari pengolahan udara dingin dari luar yang dapat mengurangi tugas chiller dalam mendinginkan data center pada saat puncak kebutuhan energi. Hal ini dapat menghemat energi dan Apple dapat memilikihigher power charger.

Facebook

Facebook sedang dalam proses membangun green data center di Swedia bagian utara untuk mendukung pertumbuhan pengguna Facebook. Data center yang baru ini berlokasi di Lulea. Lokasi tersebut sangat menguntungkan Facebook karena Lulea memiliki iklim dingin dan merupakan kota tepi laut yang kira-kira memiliki latitude yang sama dengan Fairbanks. Udara luar yang dingin tersebut dapat dimanfaatkan facebook untuk mendinginkan rak-rak server di dalam data center.
052313_1248_27.jpgSelain iklim dingin dengan rata-rata temperatur harian 5oC – (-2.5oC), pertimbangan lain yang membuat facebook memilih Lulea sebagai tempat data center adalah konektivitas internet yang kuat dan pasokan yang murah untuk menerapkanrenewable energy. Berdasarkan survei International Telecommunication Union (ITU), Swedia menempati peringkat kedua untuk infrastruktur telekomunikasi. Lulea memiliki konektivitas dari 5 carrier, yaitu backbone provider TeliaSonera and Tele 2, TDC, Telenor and Banverket. Selain itu, di dekat sungai Lule sendiri dapat menghasilkan 13.6 juta MegaWatt hours dari tenaga hydroelectric.
052313_1248_29.jpgData center facebook yang terletak di Prineville, Oregon juga telah dibangun tanpa menggunakan chiller namun diganti dengan sistem evaporating cooling, yang kemudian udara panas dari server digunakan untuk menghangatkan area kantor. Facebook dengan desain server open computed memiliki PUE 1.07 yang berarti hanya membutuhkan sekitar 7% dari total listrik server untuk mendinginkan server tersebut.

Kapan Kesadaran Muncul?

Teknologi hijau (green technology) telah menjadi isu utama untuk pemerintah dan industri karena aspek dari politik, ekonomi dan lingkungan dari energi. Dari perspektif energi dan lingkungan, industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menyumbangkan sebesar 2% dari total emisi gas CO2 dan 3% dari pengeluaran energi global. Data center adalah pusat energi utama TIK.
Kesadaran akan penggunaan green data center pada saat ini dikarenakan telah banyaknya penggunaan video in demand, dan layanan cloud computing yang telah digunakan di seluruh dunia. Penggunaan keduanya tersebut membuat sebuah data center harus menyediakan ketersediaan tinggi dan fault tolerant.
Menurut laporan dari ENERGY STAR, data center di Amerika Serikat mengkonsumsi 100 milyar kWh atau 7, 4 milyar dollar per-tahun. Sumber utama dari komsumsi besar pada data centerterdapat pada pedinginan, sumber daya komputer yang ada, dan elemen-elemen jaringan. Energi yang di konsumsi untuk pedinginan menggunakan hampir 30% dari total konsumsi energi dari pusat data. selain itu, hampir dari 30% lainnya digunakan oleh communication link,switching, dan elemen agregasi. Study empiris mengatakan bahwa konsumsi daya untuk linktidak berbanding lurus dengan pemanfaatannya. konsumsi energi link tergantung pada kapasitasnya daripada pemanfaatannya. komsumsi energi pada bervariasi untuk vendor yang berbeda, namun sebagian besar berkorelasi dengan jumlah port dan jumlah line cards. untuk itu, orang-orang dapat sadar akan pentingnya penggunaan green data center untuk memperhitungkan konsumsi daya pada link dan switch.052313_1248_31.jpg
Karena penggunaan energi yang besar itu, maka solusi terbaik untuk mengurangi penggunaan energi yang berlebih yaitu dengan menempatkan komputasi dan penyimpanan padacloud, dan dengan demikian sebagian besar lalu lintas internet terkonsentrasi pada data centerHardware dansoftware spesialis harus mempertimbangkan konsumsi energi dari data center pada saat melakukan perancangan data center baru. Kedua sumber daya komputasi dan elemen-elemen jaringan harus dirancang dengan prinsip proporsionalitas penggunaan energi tersebut. Proporsionalitas yang dimaksudkan disini adalah konsumsi energi sebanding dengan tingkat aktifitas, maka tidak akan mengkonsumsi pada saat idle. namun, pada prakteknya sulit sekali menemukan proporsionalitas energi yang ideal dalam sebuah desain data center.
konsolidasi dari beban kerja dan virtualisasi adalah poin penting lainnya untuk green data center. ini memungkinkan untuk virtualisasi dinamis dari VMs untuk minimum node fisik yang terdapat sesuai dengan kebutuhan sumber daya saat ini. Akibatnya, idle nodes dapat dimatikan untuk dimasukkan kedalam modus tidur untuk mengurangi konsumsi energi total oleh data center. Oleh karena itu, terlihat kesadaran dari penggunaan green data center itu dimulai dari kesadaran akan penghematan energi yang biasanya banyak membuang-buang energi ketika tidak digunakan.
Pada awal tahun 2007, perusahaan-perusahaan besar seperti AMD, Intel, IBM, Sun, dan Microsoft bergabung dan bekerjasama dalam membentuk sebuah non-profit consortium, The Green Grid, dengan tujuan untuk mengurangi kebutuhan energi listrik (power consumption) pada data center di seluruh dunia. Perwakilan (representative) yang lain mengadakan konferensi pertamanya di Denver, Colo untuk mendiskusikan mengenai standarisasi teknis mengenai green data center.
Pemrakarsa lain data center ramah lingkungan (eco-friendly data center) adalah U.S Green Building Council (USGBC), yang akan memberikan certification pada data center yang telah memenuhi green standard yang diajukan.

Bagaimana Mencapai Green?

Membuat datacenter yang ramah lingkungan dapat membawa beragam keuntungan untuk perusahaan serta dapat menjadikan perusahaan tersebut unggul dari segi trend an image ramah lingkungan. jika biaya untuk mengimplementasikan green data center terasa cukup mengganggu hal yang dapat dipertimbangkan adalah mungkin pada awalnya investasi cukup tinggi namun pada pengoprasionalisasianya konsumsi energi yang efisien dan ramah lingkungan dapat mengurangi biaya penggunaan energi dan pemeliharaan lingkungan dikarenakan operasional data center.
Berdasarkan Penelitian yang dilakukan di Lawrence Berkeley National Laboratory, pada tahun 2000 data center menggunakan 12 milyar killowatt  hours dan terus berkembang menjadi 23 milyar pada 2005. Sementara itu Andrew Fanara pimpinan dari EPA Energy Star product development team menyatakan bahwa pasar server di Amerika Serikat  tumbuh dari 2.8 juta unit pada tahun 2005 menjadi 4.9 juta unit pada 2009. dengan peningkatan jumlah server ini tentu saja diiringi dengan jumlah konsumsi energi yang sebanding. maka dari itu diperlukan efisiensi atau alternatif sumber energi yang terbarukan atau ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat.
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengimplementasikan green data center:
  1. Mengevaluasi Efisiensi Energimenelusuri penggunaan energi di data center, pelajari darimana sumber energi serta pendistribusiannya di  perusahaan. buat perencanaan untuk memonitor dan mengurangi penggunaan penggunaan energi. Evaluasi awal dapat dijadikan acuan untuk menghitung return on investment setelah mengimplementasikan perubahan.
  2. Mendesain Ulang Sistem PendinginanDesain sistem pendinginan dengan memisahkan aliran panas dengan aliran dingin. konsentrasikan aliran dingin langsung ke rack server dan udara panas kembalikan ke AC. pastikan untuk mengurangi kehilangan aliran dan tekanan udara dengan menutup lubang-lubang udara yang tidak perlu pada tembok, raised floor dan langit-langit.
    052313_1248_32.jpg
  3. Mempertimbangkan RedundansiBanyak perusahaan yang menggunakan sistem pendinginan yang redundan pada waktu yang bersamaan. Hal tersebut membuat sistem lebih fleksibel dan siap dalam menghadapi ekspansi dan puncak penggunaan. Namun energi yang digunakan hanya sebagian dari energi yang dikonversi menjadi dingin. Hal ini mengakibatkan penggunaan energi yang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan. kurangi redundansi sebisa mungkin, gunakan skema backup atau penggiliran sistem pendingin di data center.
  4. Menggunakan Peralatan Yang Dapat DisesuaikanEkspansi dan penggunaan energi pada beban puncak dapat direncanakan dengan membuat sistem yang modular. Penggunaan blade server yang dapat mengonsentrasikan komputasi pada ruang yang lebih sedikit sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan pendinginan. Sistem yang scalable juga memungkinkan untuk pengoperasian pada kebutuhan energi yang minimal dan memberikan kapabilitas untuk ekspansi ketika dibutuhkan.
  5.  Virtualisasi Perangkat052313_1248_33.gifKebanyakan server tidak bekerja secara optimal karena dipenuhi oleh informasi-informasi kuno atau software yang hanya digunakan pada waktu tertentu. Server-server yang sudah berumur pun cenderung boros energi dibandingkan dengan performa yang diberikan. untuk melakukan penghematan, server-server lama tersebut divirtualisasikan kedalam server baru sehingga terjadi penghematan energi. dengan melakukan virtualisasi pada server aplikasi dapat dibuat lebih fleksibel serta server virtual yang sedang tidak diperlukan dapat dimatikan. virtualisasi perangkat dapat menjaga jumlah dan tempat server serta memindahkan aplikasi ke lokasi fisikal yang berbeda sebagaimana dibutuhkan untuk mencapai efisiensi yang optimal.
  6.  Menggunakan Peralatan Yang Telah TersertifikasiPemilihan alat-alat yang sudah tersertifikasi ramah lingkungan oleh lembaga independen dapat menjamin perangkat yang digunakan sudah memenuhi standar ramah lingkungan. dengan adanya sertifikasi tersebut maka tidak diperlukan benchmarking terhadap peralata-peralatan mana yang termasuk kategori ramah lingkungan. hal ini sudah dilakukan oleh lembaga tersebut sehingga memiliki standar yang sama satu sama lain apabila menggunakan lembaga sertifikasi yang sama.
  7. Menyumbangkan Atau Melakukan Daur Ulang Pada Server Yang Sudah UsangSistem lama atau sistem kuno biasanya kurang efisien dibandingkan sistem yang baru. Oleh karena itu, untuk menghemat uang dapat dilakukan pembelian sistem yang baru dan menon-aktifkan sistem yang lama. Namun, karena server mengandung limbah beracun (toxic) dalam jumlah besar, server lama tersebut dapat dijual kembali untuk digunakan oleh organisasi non-profit atau organisasi pendidikan. Server lama juga dapat di jual ke vendor yang melakukan recycling atau daur ulang dengan memisahkan bagian yang masih berguna dan membuang sisa toxic dengan benar.
  8. Perhatikan Lingkungan Sekitar Data CenterGreen data center tidak hanya berfokus pada perangkat didalam ruang server. Pemilihan dan penggunaan material ramah lingkungan untuk gedung data center juga merupakan salah satu pendekatan dalam membangun green data center. mengatur tata letak desain interior dan eksterior juga dapat membantu mengurangi energi yang diperlukan untuk pendinginan dan pencahayaan.
  9. Riset mengenai Sumber Energi AlternatifCara terbaik untuk tetap ramah lingkungan adalah dengan mendapatkan energi alternatif yang sesuai dengan keadaan sekitar data center. Salah satu energi alternatif yang sering digunakan adalah Photovoltaic, yaitu dengan cara mengganti atap dengan solar panel. Hal tersebut dapat mengurangi ketergantungan terhadap power grid. Cara lain adalah dengan memanfaatkan energi angin, menggunakan heat pumps, dan menerapkan evaporating cooling. Cara-cara tersebut akan sangat bermanfaat karena dapat mengurangi biaya pengeluaran akan konsumsi energi.
  10. Melibatkan Pihak ManajemenSebagai pengambil keputusan serta pihak yang lebih mengerti mengenai bisnis serta keadaan perusahaan pihak manajemen harus turut disertakan dalam perencanaan pembangunan green data center. hal tersebut dilakukan agar proses pengambilan keputusan serta perancangan strategi pembangunan data center dapat berjalan secara lebih profesional serta ditaati oleh pihak operasional karena merupakan keputusan bersama yang harus dihormati.

Comments

  1. Mau Box makanan yang ramah lingkungan? Aman bersentuhan dengan makanan Anda? Coba lihat selengkapnya di sini.

    ReplyDelete
  2. Green architects focus on methods that use the environment to heat and cool, insulate and build, such that you can save many thousands of dollars in energy and other costs over the life of your house. Tom

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alat - Alat Fiber Optic dan Fungsinya

1. Fusion Splicer Fusion splicer atau sering dikenal sebagai alat untuk menyambungkan serat optik ini merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyambungkan sebuah core serat optik, dimana serat tersebut terbuat / berbasis kaca, dan mengimplementasikan suatu daya listrik yang telah dirubah menjadi sebuah media sinar berbentuk laser. Sinar laser tersebut berfungsi untuk memanasi kaca yang terputus pada core sehingga bisa tersambung kembali dengan baik. Perlu kalian ketahui, bahwa fusion splicer ini haruslah memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi, hal ini ditujukan untuk menghasilkan hasil penyambungan yang sempurna, karena pada saat penyambungan tersebut akan terjadi proses pengelasan media kaca serta peleburan kaca yang akan menghasilkan suatu media, dimana media tersebut akan tersambung dengan utuh tanpa adanya celah-celah, hal ini dikarenakan media tersebut memiliki senyawa yang sama. 2. Stripper Atau Miller Sama seperti kabel - kabel yang lain, salah satunya seperti kab

Cara Menghitung Satuan Volt, Ampere, dan Watt

Sangat penting untuk mengetahui satuan dalam bidang yang ingin anda pahami, dalam bidang listrik untuk mengetahui satuan seperti volt, ampere, dan watt. Ketika anda tidak mengetahui satuan dari bidang listrik ini sama saja dengan tidak tahu dalam teori dasar dan anda sekarang bisa memperlajari dengan jelas dalam artikel saya berikan ini. Saya akan memberikan langkah demi langkah agar mudah untuk dipahami. Pengertian Volt (Voltage) Volt (Voltage) adalah standart satuan listrik yang menunjukan atau menerangkan sebuah nilai tegangan dalam listrik. Volt atau bisa disebut tegangan hanya bisa diukur dengan alat yang bernama voltmeter atau multitester, volt mempunyai bermacam-macam nilai tegangan dan juga tipe atau karekter yang berbeda. Volt Mempunyai 2 tipe atau karakter Volt atau tegangan listrik ini mempunyai jenis 2 tipe yaitu tegangan AC atau bisa disebut tegangan bolak-balik. kemudian tegangan DC (Direct Current) atau bisa disebut dengan tegangan searah. Untuk mengatahui apa itu tegan

Cara Menghitung Ampere Motor 3 dan 1 Phase dengan Rumus Daya

Sering kali, anda menjumpai motor listrik untuk menggerakan mesin pada pabrik - pabrik sekarang dan kebanyakan 85% didalam pabrik menggunakan motor listrik untuk menggerakan mesinnya. motor listrik ada 2 jenis Phase yang pertama adalah 3 phase yang di mana ada tegangan R S T sedangkan yang ke dua adalah 1 Phase dimana motor listrik hanya diberi tegangan phase dan Netral aja, contohnya seperti pumpa air dirumah.     Dari motor - motor tersebut maka anda sangat perlu untuk menghitung amperenya dimana anda membeli motor 1 phase tapi kapasitas rumah anda hanya 450 Watt saja maka anda harus menghitung motor airnya harus di bawah dari 450 Watt. Plate Motor 1 Phase  Diatas adalah name plate motor 1 phase dimana   sudah di ketahui KW dan Amperenya jika hanya di   ketahui KWnya saja bagaimana seperti berikut   menghitungya:  Diket : P : 8 KW = 8 x 1000 = 8000 Watt V : 220V Ditanya : Berapa Nilai Amperenya? Rumus daya  Motor 1 Phase: P = V x I I  = P/V Keterangan : P  : Daya ( Watt ) I   : Arus

Cara Menentukan Ukuran Kabel Instalasi Listrik

Dalam sebuah instalasi listrik di sebuah rumah atau bangunan, penggunaan kabel listrik haruslah diperhatikan betul. Mengingat kesalahan penggunaan dan pemasangan kabel dapat membahayakan manusia atau penghuni rumah. Dalam menggunakan sebuah kabel ini dari anda harus tahu jenis kabel yang akan di pasang, berapa ukuran kabel listrik, luas penampang maupun panjang kabel listrik. Ukuran Kabel Listrik Seperti yang kita ketahui bersama bahwa fungsi sebuah kabel listrik adalah untuk menghantarkan arus listrik dari sumber listrik menuju beban daya suatu alat listrik. Yang dimaksud dengan ukuran kabel lisrik adalah luas penampang kabel . Sehingga setiap ukuran kabel listrik akan menggunakan satuan mm2 . Mengapa menggunakan ukuran kabel yang tepat sangat penting ? karena kesalahan dalam penentuan ukuran kabel dapat menyebabkan resiko yang fatal. Beberapa kode yang sering ditemukan pada sebuah kabel listrik yaitu : 1 X   1,5 mm 1 X   2,5 mm 2 X   1,5 mm 2 X   2,5 mm Keterangan : Angka sebelum kal

Pengertian Konektor RJ45 dan Fungsinya Lengkap

 RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya. RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking). Juga merupakan suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data. Konektor RJ45 memiliki fungsi untuk memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network. Konektor RJ45 memiliki 8 buah pin. Pin pertama terdapat di paling kiri apabila pin RJ45 menghadap ke anda, di ikuti pin nomor 2, 3, 4 dan seterusnya. Cara pe

Jenis Kabel Listrik beserta Fungsi dan Gambarnya

Berbicara mengenai kabel listrik tentu sangat luas sekali. Kabel listrik sendiri merupakan komponen yang memiliki peran vital dalam berbagai peralatan elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Dari kegunaannya, jenis-jenis kabel listrik ini sangat banyak dan beragam. Pemakaian jenis kabel pun harus tepat agar tidak menyebabkan konsleting listrik. Untuk itu penting sekali mengetahui jenis jenis kabel listrik berikut ini. Kabel listrik Kabel listrik merupakan sebuah komponen konduktor yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke benda-benda atau peralatan yang membutuhkan energi listrik agar dapat bekerja. Meskipun jenis-jenis kabel listrik sangat banyak, tetapi pada umumnya setiap kabel listrik terdiri dari dua bagian utama, yakni bagian isolator dan bagian konduktor. Bagian-bagian Kabel Listrik Pada kabel listrik, bahan isolator merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Pada isolator terdiri dari pembungkus kabel yang memiliki fungsi sebagai pelindung (agar tid

Fungsi dan Cara Setting MCCB ( Moulded Case Circuit Breaker )

Mengulas lebih dalam tentang MCCB - dunia listrik sangat banyak sekali peralatan listrik sebagai pengaman untuk keselamatan dari bahaya listrik maupun untuk mengamankan sebuah motor dan peralatan listrik lainya dari bahaya short circuit. Apa itu MCCB ? MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker, sebagai pengaman terjadinya hubung singkat short circuit dan beban lebih overload agar tidak terjadinya kerusakan pada motor listrik maupun kebakaran yang disebabkan oleh short circuit yang selalu menimbulkan bunga api. MCCB biasanya digunakan oleh industri karena MCCB hanya untuk pengaman listrik 3 phase, dan motor listrik industri juga menggunakan listrik 3 phase, jadi jika anda ingin bertemu apa itu namanya mccb dan dan digunakan untuk apa mampir deh pabrik terdekat dan minta tolong untuk dilihatkan apa itu mccb. Pole MCCB Mccb memiliki macam – macam pole: 1 Pole, 2 Pole, 3 Pole, 4 Pole Mccb memiliki macam – macam kA: 36kA, 50kA, 85kA, 100kA Karakter MCCB - Hanya menggunakan 3 p

MENGENAL PANEL LISTRIK , JENIS DAN SPESIFIKASINYA

Pengertian Panel Listrik Panel listrik adalah suatu benda berbentuk kubus dengan berbagai ukuran ataupun bervariasi dengan sebelah sisi dibuat lubang selebar hampir sama dengan belakangnya, dan nantinya di baut penutup seperti daun pintu agar bisa dibuka dan ditutup, dan didalam panel tersebut terdapat papan yang dikaitkan dengan sisi belakang pintu di pakai baut yang nantinya papan tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali. Pada umumnya panel listrik adalah terbuat dari plat besi dengan ketebalan 0,5 – 1 mm. Biasanya disesuaikan dengan ukuran atau besarnya panel, dan nantinya papan tersebut yang akan digunakan tempat pemasangan komponen-komponen listrik. Fungsi Panel Listrik Fungsi dari panel listrik adalah untuk menempatkan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin-mesin listrik agar bisa beroperasi  sesuai dengan prinsip kerja dari mesin listrik itu sendiri. Untuk mengamankan komponen listrik supaya terlindungi dari pengaruh di sekelilingnya. Untuk menata komponen atau rangkai

Perbedaan Antara KW, KVA, KWH, KVAr

Apa definisi KVA, KW, Watt, KWH, KVar, dan apa perbedaannya? Mungkin kita pernah menjumpai satuan listrik yang terkadang ditulis dengan menggunakan Watt, KW, atau KVA, Dan ini sering menjadi pertanyaan bagi kita, apa sebenarnya perbedaan satuan KW dan KVA, dan berapa 1 kVA, atau mungkin berapa itu 1 KVA KW? Selain itu kita juga sering mendengar istilah KWH, maka pertanyaannya, 1 KWH berapa Watt, atau 1 Kw berapa KWH? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan KVA, KW, Watt, KWH, Kvar, dan apa perbedaannya. Apa yang dimaksud dengan KVA, KW, KVAr, dan KWH? Dalam listrik tiga fasa, terdapat 3 jenis daya listrik yang disebut juga dengan segitiga daya, yaitu: Daya Semu (KVA) Daya Aktif (KW) Daya Reaktif (KVAr) KVA KVA (Kilo Volt Ampere) untuk daya listrik yang tidak terlalu besar biasanya cukup menggunakan satuan daya VA (Volt Ampere). 1 KVA = 1000VA KVA adalah satuan daya listrik yang diperoleh dari perhitungan rumus daya, atau biasa disebut de

Inside the Box: UCLA's New Portable Data Center

When UCLA found out that a planned upgrade to its brick and mortar data center was going to surpass the original budget estimate by several million dollars, it began thinking "inside the box"--and chose cargo-container computing. By Dian Schaffhauser 08/11/11 The latest and potentially most powerful research data center at the University of California Los Angeles (UCLA) was delivered on the back of a flat bed truck from Austin, TX. It was put in place with a crane. The facility resembles the kind of container used to run portable recycling centers. But when it's fully loaded and performing research in physics, economics, genomics, and biochemistry, among other disciplines, the Performance Optimized Datacenter, or POD, will support more than 1,500 compute nodes. This far exceeds the campus' traditional "brick and mortar" data centers in sheer computing power, and yet it fits into a compact space of 40' x 8'. The story of UCLA&#