Wednesday, November 25, 2020

Apa itu Rack PDU (Power Distribution Units ) ?

 

Rack Power Distribution Units (rPDUs) adalah penghubung terakhir dalam power chain dan memastikan pengiriman daya kritis ke beban IT. RPDU dirancang untuk mendistribusikan daya ke semua jenis peralatan TI di dalam pusat data.


RPDU tidak menghasilkan daya melainkan mendistribusikan daya dari sumber daya yang tersedia. Dalam lingkungan pusat data yang khas, rPDU terhubung ke Unit Distribusi Daya (PDU) hulu yang biasa disebut sebagai PDU lantai. PDU lantai mendistribusikan daya dari utilitas selama operasi normal. Selama pemadaman, catu daya tak terputus (UPS) mengambil beban daya sementara generator naik untuk mulai menyediakan daya ke fasilitas. PDU lantai mirip dengan panel pemutus sirkuit di rumah Anda dan memecah daya yang tersedia menjadi sirkuit sehingga listrik dapat didistribusikan ke seluruh fasilitas. Generator digunakan untuk redundansi jika daya utilitas hilang. Daya disalurkan melalui fasilitas dari PDU lantai, dan rPDU terhubung ke hilir.

RPDU mampu memantau, mengelola, dan mengontrol konsumsi daya ke beberapa perangkat di lingkungan pusat data. Ini dapat mendistribusikan listrik dalam jumlah besar dan dapat diakses melalui jaringan lokal atau jarak jauh. Untuk memenuhi kebutuhan pusat data yang selalu berubah, rPDU dapat mengakomodasi kepadatan daya yang lebih tinggi dan tahan terhadap suhu yang lebih tinggi. Untuk menghindari gangguan distribusi daya dasar, beberapa rPDU dapat dengan mudah ditingkatkan dan diservis tanpa perlu melepas daya dari perangkat yang terhubung. Fitur-fitur ini meminimalkan waktu henti dan membawa dukungan yang disediakan produsen untuk memenuhi Perjanjian Tingkat Layanan (SLA).

Mengapa Rack PDU penting?

Karena lingkungan pusat data menjadi lebih dinamis dan kompleks, banyak organisasi memberi tekanan pada manajer pusat data untuk meningkatkan ketersediaan sekaligus mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Server dan peralatan jaringan dengan kepadatan tinggi generasi berikutnya telah meningkatkan permintaan akan kepadatan rak yang lebih tinggi dan persyaratan daya fasilitas secara keseluruhan. Meskipun kepadatan di bawah 10kW per rak tetap menjadi norma, penerapan pada 15kW adalah tipikal di fasilitas skala besar - dan beberapa bahkan mendekati 25kW. Konfigurasi kepadatan tinggi memberikan tingkat kinerja dan kapasitas yang lebih baik, tetapi hal ini menciptakan kebutuhan untuk penyaluran daya yang lebih efektif. Hasilnya, fitur dan fungsionalitas yang tersedia pada rPDU menjadi semakin penting untuk mencapai distribusi daya yang efisien untuk merespons perubahan kapasitas dan kepadatan pusat data.

Memilih Rack PDU

Saat memilih rPDU Anda, mulailah dengan pertanyaan dasar berikut:
  • Apa kebutuhan daya Anda?
  • Apakah Anda ingin memasang rPDU secara vertikal atau horizontal?
  • Tingkat pemantauan atau manajemen daya apa yang Anda butuhkan?
Persyaratan Daya
Pertanyaan terpenting saat memilih rPDU adalah menentukan kebutuhan daya yang diperlukan untuk peralatan TI penting yang akan disambungkan. Bergantung pada pusat data, manajer pusat data mungkin terbatas pada daya yang tersedia. Sementara dalam situasi lain, manajer pusat data mungkin dapat menentukan daya apa yang dikirimkan ke rak. Jika manajer pusat data memiliki kemampuan untuk memutuskan daya yang tersedia, dia harus menentukan perkiraan kW yang diperlukan untuk peralatan yang sedang atau akan digunakan. Daya yang dibutuhkan akan menyediakan daya minimum yang diperlukan untuk peralatan di rak yang memungkinkan manajer pusat data menentukan dengan tepat konfigurasi daya rPDU yang diperlukan.

Di sisi lain, jika pengelola pusat data terbatas pada daya yang sudah tersedia, dia perlu mengidentifikasi jenis stopkontak yang perlu dihubungkan dengan rPDU. Bergantung pada daya yang tersedia, kepadatan kabinet dapat dibatasi atau rPDU tambahan perlu dipasang di kabinet yang sama untuk mencapai kapasitas daya yang diperlukan untuk peralatan yang dipasang.

Konfigurasi Daya
Ada banyak opsi konfigurasi daya rPDU dan apa yang tersedia akan berbeda bergantung pada wilayah global unit akan dipasang. Ampere dan voltase yang berbeda serta opsi daya satu fase dan tiga fase tersedia. Pusat data dapat memiliki daya satu fase atau tiga fase yang didistribusikan ke seluruh fasilitas. Daya satu fase lebih umum digunakan di rumah dan bisnis kecil tetapi juga dapat didistribusikan di pusat data dari sumber daya tiga fase. Banyak pusat data kepadatan tinggi mendistribusikan daya tiga fase ke seluruh pusat data karena lebih efisien dan mendukung kepadatan yang lebih tinggi.

Menentukan yang terbaik bergantung pada daya yang tersedia dan kebutuhan daya peralatan yang terhubung. RPDU tersedia dengan opsi daya yang berbeda (fase tunggal 100V hingga 240 / 415V tiga fase) dan peringkat arus (10A hingga 120A).

Pemasangan Horizontal vs Pemasangan Vertikal
Rack PDU dipasang secara horizontal atau vertikal, di dalam atau di luar kandang rak. RPDU horizontal dipasang di dalam rak dan memakan tempat, biasanya ruang rak 1U atau 2U dan memiliki 8-16 saluran keluar. RPDU yang dipasang vertikal dapat menampung hingga 54 outlet. Mereka dipasang di bagian belakang atau samping kandang rak sehingga tidak menempati ruang pemasangan peralatan penting di dalam rak. Memahami ruang pusat data dan peralatan TI Anda sebelum memilih opsi pemasangan untuk rPDU dapat membantu menghemat biaya, waktu, dan ruang.

Jenis Rak PDU
Sebuah rPDU dapat diklasifikasikan sebagai dasar, terukur, dipantau, atau dialihkan. Pada intinya, rPDU menawarkan distribusi daya yang andal di rak sementara rPDU yang lebih cerdas menambahkan kemampuan pemantauan jarak jauh, manajemen energi, dan platform desain bukti masa depan.

Fitur Umum dari Rack PDU
Fungsi utama rPDU adalah memastikan daya kritis disalurkan ke peralatan TI. RPDU cerdas dan adaptif saat ini telah melampaui distribusi daya, menawarkan fitur untuk meningkatkan ketangkasan, efisiensi, dan ketersediaan bisnis. Saat memilih rPDU,
Pada dasarnya PDU (Power Distribution Unit untuk Server Rack) ini berfungsi sebagai media perangkat yang sudah dirancang atau didesain dengan beberapa output untuk digunakan sebagai pendistribusian listrik. PDU server rack biasanya digunakan pada rak komputer dan juga terletak pada peralatan jaringan di pusat data.


Kami memastikan Kabel anda terstruktur dan bekerja optimal.
Kami juga memastikan data center dan ruang server anda bekerja optimal.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
CONTACT US : dcim@dayaciptamandiri.com

0 comments:

Post a Comment