Tuesday, November 3, 2020

FirePro Aerosol Fire Extinguishant System

 FirePro Aerosol Fire Extinguishant System.

FirePro adalah sistem pemadaman api kebakaran dengan menggunakan gas aerosol. Dengan menggunakan bahan condensed aerosol solid compound yang sudah di mendapatkan sertifikasi dari Underwriter Laboratories (UL). Yang mampu bertahan selama 15 tahun. Dengan hampir tidak ada penambahan biaya perawatan, karena kita hanya perlu mengadakan pemeriksaan jalur eketrikal saja.

Komponen Generator aerosol FirePro

Sistem aktifasi generator ada 3 yaitu :
  1. Secara Elektrik : menggunakan koneksi dengan BTA atau koneksi dengan panel kontrol rilis.
  2. Secara thermal : dihubungkan dengan Linear Heat Detector (LHD)
  3. Aktifasi sendiri : pada suhu 300°C Electrical Activator akan mengaktifasi generator. Ini adalah skema backup jika rangkain elektrikal tidak terputus baik karena aliran listrik terputus atau karena jalur perkabelan terputus.
Setelah itu FPC mengalami proses tranformasi secara Exothermic menjadi gas aerosol. Proses ini mengakibatkan suhu yang panas sekali hingga sekitar 800°C. Media pendingin dari bahan keramik akan menurunkan suhu gas aerosol hingga mendekati suhu ruangan. Sebelum akhirnya melewati discharge outlet untuk memadamkan api.

Keunggulan FirePro Aerosol Fire Extinguishant System.

A. Ramah Lingkungan (Green Technology)
Bahan FPC condensed aerosol yang bahan dasarnya Garam Potasium (Potassium Salts) tidak menimbulkan bahaya. Baik itu bahaya terhadap manusia maupun lingkungan. Oleh karena itu FirePro sudah mendapatkan telah disertitifikasi, terdaftar dan disetujui oleh Lembaga Sertifikasi Internasional.
– Tidak mengurangi lapisan Ozone
– Tidak menyebabkan global warming.
B. Pemadaman Cepat (Metode Memutus Reaksi Kimia)

Api dibentuk oleh 3 unsur utama yaitu : Bahan bakar, Oksigen dan Panas. Bahan pemadam api yang ada dipasaran saat ini umumnya memadamkan api dengan mengurangi salah satu unsurnya, seperti :
  • Mendinginkan : pemadam dengan bahan dasar air. Prinsip kerjanya dengan menyemprotkan air berusaha untuk mendinginkan panas hingga dibawah titik bakar dari bahan bakarnya.
  • Mengurangi Kadar Oksigen : pemadam bahan dasar gas. Prinsip kerjanya adalah dengan menambahkan gas yang akan menekan kadar O2 sehingga api padam.
  • Memutus Rantai Reaksi Kimia : FirePro Aerosol. Dengan menggunakan unsur Kalium yang merupakan unsur kimia yang stabil, maka akan mengikat radikal bebas dalam api, sehingga api cepat padam.
Untuk lebih jelasnya marilah kita perhatikan digram dibawah ini.

Bagian pertama kita lihat bahan bakar dan oksigen yang dipicu oleh panas yang menyababkan kebakaran. Kandungan dari api tidak lain adalah unsur radikal bebas yang teridiri dari, O, H dan OH.

Bagian kedua Generator FirePro yang diaktifkan menimbulkan 2 aksi : secara fisik gas akan menekan api, secara kimia bereaksi dengan unsur radikal bebas. Sementara itu energi dari api dimanfaatkan oleh unsur K yang akan menarik unsur OH yang merupakan unsur utamanya.

Bagian ketiga : Setelah unsur OH yang ada dalam api ditarik oleh unsur K dan membentuk KOH (Potassium Hydroxide), maka api sudah padam dalam hitungan detik. Selanjutnya senyawa KOH melakukan reaksi lanjutan menghasilkan O2 dan  K2CO3 (Potassium Carbonate) kembali.

C. Hampir Tanpa Residu. Garam potasium hasil akhir dari proses pemadaman sangat sedikit sekali, sehingga kita bisa menyapu atau mengelap property yang dilindungi. Bandingkan dengan gas FM200 yang perlu penanganan khusus untuk membersihkan.

Pemasangan FirePro Aerosol Fire Extinguishant System

1. Stand Alone (Berdiri sendiri)
Sistem ini digunkan untuk melindungi area yang perluasannya sempit. Seperti pada panel listrik yang merupakan sumber utama kebakaran dari korsleting. Sistem stand alone ini belum bisa dilakukan oleh media pemadam lain. Generator yang digunakan berbentuk silinder dengan aktifasi menggunakan Bulb Thermal Activator (BTA). Bola kaca air raksa akan pecah pada suhu tertentu (varian dari 57°C – 182°C), dan mengaktifkan generator secara elektrik. Pemasangan sangat mudah karena FirePro menyediakan breket serta magnet yang kekuatannya sudah mendapat sertifikasi dari UL. Sehingga tinggal ditempelkan saja pada bahan besi pada panel tersebut.

2.System (Total Flooding System)
Prinsip dasar dari sistem total flooding adalah baham pemadam harus memenui ukuran dari volume ruangan agar pemadaman maksimal. Digunakan untuk area perlindunga yang lebih luas, seperti ruang produksi atau gudang. Generator yang dipasang pasti lebih dari 1 unit, dan semua generator tersebut harus rilis atau discharge secara bersamaan.
FirePro Total Flooding System

Sertifikasi, Listing dan Approval FirePro Aerosol Fire Extinguishant System

Sedangkan untuk aplikasi Marine atau kelautan berikut ini adalah sertifikasi, listing dan approvalnya :

Dimana saja Generator FirePro ini bisa di pasang?
  1. Panel listrik : mayoritas kebakaran untuk daerah pabrik adalah adanya korsleting listrik dari dalm panel listrik. Sehingga dengan pemadaman yang cepat akan menyelamtkan aset Anda.
  2. Ruang Trafo : Ruangan ini dengan panas yang tinggi dan bahan bakar minyak tentu rawan terhadap terjadinya kebakaran.
  3. Ruang Arsip : tempat penyimpanan dokumen penting dari perusahaan Aanda harus mendapatkan perlindungan. Karena bahan kertas yang mudah terbakar.
  4. Ruang server : Banyaknya intalasi kabel di ruangan ini tentu saja resikonya sangat tinggi terjadi korsleting listrik.
  5. Ruang produksi : terutama adalah area sekitar mesin.
  6. Ruang Gudang
  7. Dan seluruh hampir seluruh ruangan lainnya bisa diaplikasikan
PT DAYA CIPTA MANDIRI SOLUSI Memberikannya Solusi Untuk :
- Pemasangan Fire Extinguisher (FirePro / FM200)
- Perawatan / Maintenance FirePro / Aerosol System

Staf penjualan kami siap menjawab pertanyaan apa pun dan memberi Anda Quotation.
Hubungi :
dcim@dayaciptamandiri.com

0 comments:

Post a Comment