Wednesday, November 25, 2020

Apa itu Rack Server ?


Bagi Anda yang belum tahu apa yang dimaksud dengan rack server, ini sebenarnya adalah sebuah rack yang secara khusus memang dirancang sebagai penempatan server atau digunakan sebagai peralatan jaringan network yang di antaranya adalah komputer server serta switch. Bagi yang belum mengerti, ini dia penjelasannya!

Apa Itu Rack Server?
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ini adalah rack khusus yang memang dirancang untuk peralatan jaringan. Manfaat utama dari ini adalah sebagai ruang atau tempat yang lebih efisien dan menjadi peralatan maintenance yang lebih mudah digunakan. Dalam sebuah rack, Anda bisa meletakkan beberapa buah perangkat jaringan.

Sumber daya jaringan yang didapat akan ikut terkonsolidasi hingga mengurangi ruang lantai sesuai yang sudah diperlukan. Konfigurasi rack ini juga bermanfaat untuk menyederhanakan pemasangan kabel antara komponen jaringan yang lain. Dalam satu peralatan, ada server dan sistem pendingin khusus untuk mencegah panas berlebihan. 

Sebab, dalam gabungan ini, ada banyak panas berlebihan yang terjadi karena akan banyak daya komponen yang terbuang. Mengingat dalam ruang kecil jaringan memiliki daya terbatas, tentunya ini akan sangat membantu, kan?

Apa Saja Jenis Rack Server?
Rack server umumnya dipakai institusi yang menggunakan fungsi server berbeda pada satu rak, seperti Web Server, Database Server, dan sebagainya. Secara umum rack server dibagi menjadi 3 jenis diantaranya:

1. Closed Rack
Closed Rack merupakan tipe rack server yang tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi double roof fan, dengan menggunakan pintu kaca dab penutup samping berbahan metal galvanis yang kuat dan kaku sehingga mampu kuat menahan beban sampai 50 kilogram lebih. Hal ini membuat closed rack menjadi tipe rack server yang kuat dan aman.

2. Open Rack
Kebalikan dari closed rack, ada yang disebut dengan open rack. Tipe yang satu ini menjadi tipe yang paling sederhana digunakan. Dalam penempatannya, segala peralatan tertata lebih sederhana dan ala kadarnya. Inilah yang membuat harga dari rack yang satu ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan closed rack.

Meski begitu, bukan berarti ia memiliki fungsi ala kadarnya. Ia sangat cocok digunakan pada perusahaan kecil yang berguna untuk membantu penyimpanan data-data penting suatu perusahaan dan kurang cocok untuk penyimpanan besar.

3. Wallmount Rack
Jenis tipe rack server yang biasanya digunakan untuk penyimpanan segala perlatan networking termasuk diantaranya switch hub, modem, dan peralatan networking lainnya. Biasanya wallmount rack ini memiliki 1 pintu atau juga 2 pintu. Tapi untuk model dan desainnya cukup sederhana.

Ukuran Rack Server
Setiap jenis rack server atau desain rack server memiliki ukuran rack server yang berbeda-beda. Untuk ukuran rack server terdapat satuan tersendiri yang dikenal dengan U. U adalah arti dari Unit Dimension (Weight x Height x Depth) yang dimiliki sebuah rack server beserta daya tampung yang mampu ditoleransi oleh rack server.




Sampai saat ini ukuran rack server ialah;
  • 1U dengan dimensi 19” x 1.75” x 17.7” 19” x 1.75” x 19.7” 19” x 1.75” x 21.5”
  • 2U dengan dimensi 19” x 3.5” x 17.7” H= 19” x 3.5” x 20.9” 19” x 3.5” x 24”
  • 3U dengan dimensi 17.1” x 5.1” x 25.5”
  • 4U dengan dimensi 19” x 7” x 17.8” 19” x 7” x 26.4”
  • 5U dengan dimensi 19” x 8.34” x 19.67” x 19.1” x 8.75” x 26.4”
  • 6U dengan dimensi 19” x 10.5” x 19.5”
  • 7U dengan dimensi 17” x 12.2” x 19.8”
Kami memastikan Kabel anda terstruktur dan bekerja optimal.
Kami juga memastikan data center dan ruang server anda bekerja optimal.

Silahkan hubungi Tim kami untuk mendapatkan penawaran Terbaik terkait kebutuhan anda.
CONTACT US : dcim@dayaciptamandiri.com

0 comments:

Post a Comment