Friday, May 9, 2014

Menentukan daya UPS

Jakarta atau daerah-daerah lainnya yang akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir membuat kita sering mengeluh, data kerjaan yang sudah kita buat dengan susah payah hilang begitu saja dikarenakan padamnya listrik karena kita belum sempat disimpan data tersebut. Hal ini sering terjadi jika kita menggunakan PC, lain halnya jika menggunakan notebook yang sudah terintegrasi dengan battery.

Memilih UPS adalah sesuatu yang tidak mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan, jangan sampai UPS yang anda beli tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal atau bahkan malah jadi kurang terlalu berguna alias kemahalan atau kapasitasnya terlalu kecil. Oleh karena itu, untuk menentukan sebesar apa kapasitas UPS yang dibutuhkan anda, dapat anda simak langkah-langkah berikut ini:
  1. Daftarlah semua perlengkapan yang akan dihubungkan ke komputer anda. Mulai dari komputer dan printer sampai peralatan mana saja yang ingin anda lindungi, seperti modem eksternal, speaker atau lainnya.
  2. Kemudian datalah semua voltase dan ampere yang terdapat pada masing-masing peralatan. Setelah itu, kalikan keduanya sehingga menghasilkan data VA dan simpan semua datanya.
  3. Jika data yang tertera pada perlengkapan anda berada dalam satuan watt, maka untuk mengubahnya ke dalam bentuk VA, kalikan saja dengan angka 1,43, sedangkan jika form factor alat tersebut 0,7, maka bagi saja dengan 0,7.
  4. Setelah data VA semua perlengkapan telah anda miliki, jumlahkan seluruh alat untuk setiap masing-masing UPS.
  5. Kebutuhan akan perlengkapan akan selalu bertambah, hal ini tidak boleh luput dari perhitungan anda. Oleh karena itu, untuk menjaga-jaga agar anda tidak salah perhitungan maka anda harus menambahkan nilai yang telah anda pegang. Bagaimana cara menambahkannya? Hitung saja jika dalam satu tahun perkembangan kebutuhan meningkat 5%, maka dalam jangka 5 tahun perkembangan kebutuhan akan meningkat 25%. Oleh karena itu, nilai yang anda peroleh pada langkah ke empat harus anda tambahkan 25% nya. Mengapa 5 tahun? karena selama inilah kira-kira UPS anda dapat dipertahankan.
  6. Bagaimana, apa anda sudah dapat hasilnya? jika sudah, mulai sekarang anda tidak perlu bingung lagi menentukan sebesar apa kapasitas UPS yang anda cari

0 comments:

Post a Comment